Share

Pakar Kesehatan Sebut Nose Sanitizer Ampuh Cegah Virus Masuk ke Paru-Paru

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 481 2533657 pakar-kesehatan-sebut-nose-sanitizer-ampuh-cegah-virus-masuk-ke-paru-paru-mqph8CcYLn.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

MENGGUNAKAN masker saja ternyata tak cukup menangkal virus Omicron hingga Delta. Anda harus melakukan ekstra proteksi salah satunya mencuci rongga hidung dengan nose sanitizer.

Pakar kesehatan yang juga mantan Menteri Kesehatan Dr Achmad Sujudi menuturkan, virus corona sangat mudah lolos dari masker. Maka Anda disarankan untuk melindungi diri dari serangan virus tersebut.

“Virus dapat lolos dari masker. Sebagai penguat dari prokes, nose sanitizer memiliki peran untuk mencegah virus masuk menuju paru-paru,” pada saat diskusi melalui zoom meeting di Jakarta.

Upaya membersihkan rongga hidung, menurut Dr Achmad Sujudi, bisa mematikan virus yang akan masuk ke saluran pernapasan. Namun Anda perlu mencuci rongga hidung dengan cara yang tepat supaya tak berisiko.

 Hidung

Dia menjelaskan, dalam sejumlah penelitian, nose dapat mengurangi viral load. Terutama bagi penderita Covid-19 dengan gejala ringan.

"Ini efeknya juga bisa sebagai pencegahan, caranya itu pemakaian uap air yang dihisap, dengan suhu uap air sekitar 60- 80 derajat Celcius, efeknya dapat berpengaruh terhadap paru-paru yang menyebabkan “oedema paru"," tambah dia.

Sebelumnya, Dr. Gilly Regev, CEO dan pendiri SaNotize yang mengembangkan Enovid mengatakan, nose sanitizer diketahui bisa membunuh virus dalam hitungan menit hingga 99,9%.

"Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab Covid-19, tetapi juga membunuh virus Covid-19 ini dengan cepat," ucap Dr. Gilly Regev.

Disimpulkan pemakaian nose sanitizer ini sangat penting dalam membantu masyarakat melewati pandemic saat ini karena bisa untuk mencegahan terpapar virus Covid-19 dari berbagai varian dan membantu pasien Covid-19 untuk cepat membunuh virus Covid-19 dan dapat bernapas lebih lega dan leluasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini