Share

4 Olahraga yang Terbukti Ampuh Turunkan Kolesterol

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 612 2533412 4-olahraga-yang-terbukti-ampuh-turunkan-kolesterol-qxXtworFLD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOLESTEROL adalah penyakit nomor satu yang paling banyak terjadi menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Sementara di Indonesia, kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung koroner, menjadi penyakit paling banyak kedua.

Kolesterol memang tidak dapat dihilangkan, karena memang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi, pola makan yang tidak benar dan gaya hidup tidak sehat, dapat membuat kolesterol meningkat drastis dan pada akhirnya menimbulkan komplikasi stroke atau penyakit jantung.

Idealnya, kita memang harus berolahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit dalam 5 hari agar kolesterol tetap terkendali. Nah, merangkum dari Medical News Today, ada beberapa olahraga yang lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol

Jalan cepat

Berjalan cepat secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam satu studi, menyebutkan bahwa seseorang yang berjalan selama satu jam per hari, pada 5 hari dalam seminggu mengalami penurunan jumlah kolesterol LDL dalam tubuh.

Berjalan secara teratur dengan langkah cepat adalah cara yang baik untuk tetap bugar dan sehat. Selain itu olahraga ini seringkali lebih mudah dikelola dan dilakukan daripada berlari.

Berlari

Berlari secara teratur juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Olahraga ini dapat membantu orang menjadi bugar, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian 2019 di British Journal of Sports Medicine menyebut lari dapat menurunkan 27 persen risiko penyebab kematian. Berlari juga dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol LDL dalam darah.

Bersepeda

Selain berjalan dan berlari, bersepeda adalah cara lain yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Penelitian di Journal of American Heart Association Trusted Source menunjukkan orang yang bersepeda ke tempat kerja cenderung tidak memiliki kolesterol tinggi daripada orang yang tidak bersepeda.

Para peneliti juga mencatat bahwa bersepeda ke tempat kerja dapat menurunkan risiko beberapa masalah kesehatan kardiovaskular.

Latihan ketahanan

Metode ini akan meningkatkan kekuatan otot dengan membuat otot bekerja melawan suatu bentuk resistensi. Orang juga dapat menyebut latihan ketahanan sebagai latihan beban. Latihan ketahanan dapat mencakup penggunaan beban, seperti dumbel atau kettlebell, mesin beban yang akan ditemukan seseorang di gym, atau menggunakan berat badan orang itu sendiri.

Adapun latihan ketahanan yang umum dilakukan seseorang, meliputi:

1. Push up perut

2. Stomatch crunches

3. Angkat beban seperti chess presses, dead lifts, dan curls

4. Squat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini