Share

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental, Jangan Lakukan!

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 612 2533440 kebiasaan-buruk-yang-dapat-mempengaruhi-kesehatan-mental-jangan-lakukan-4AhWdQJfPU.jpg Minum alkohol (Foto: Irish time)

SEJATINYA menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab sampai sekarang banyak orang yang tidak mengerti tentang kesehatan mentalnya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa cara paling mudah dalam melihat kesehatan mental yakni dengan cara melihat kebiasaan hidup.

Dilansir dari Mbghealth, Dokter Robin Berzin, M.D mengatakan, penting untuk melacak kebiasaan kecil yang tidak disadari yang kita lakukan setiap hari. Sebab kebiasaan ini seiring waktu bisa memengaruhi kesehatan mental.

Dokter Robin Berzin menyimpulkan ada 3 kebiasaan yang dapat menganggu kesehatan mental Anda:

 main gadget malam hari

1. Penggunaan teknologi berlebih pada malam hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa berkembangnya teknologi dan inovasi membuat kebanyakan orang cenderung bergantung pada suatu alat seperti halnya smartphone, laptop dsb.

Kecenderungan yang menyebabkan kebiasaan rutin ini akan berpotensi untuk mengganggu kesejahteraan mental dan emosional Anda. Daripada main gadget, lebih baik gunakan waktu untuk tidur nyenyak.

2. Jarang olahraga

Perlu diketahui bahwa olahraga sangat diperlukan badan dan pikiran untuk menjaga kesehatan tubuh, mental, jiwa dan raga. Jika Anda jarang berolahraga maka dapat mengganggu kesehatan mental Anda.

Apalagi saat melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh kadang menyimpan emosi, stres, capek, marah yang dapat terjebak di pikiran Anda. Ini dapat menyebabkan konsekuensi fisik dan mental dalam tubuh Anda.

Maka dari itu sangat penting untuk bergerak dan berolahraga untuk melampiaskan emosi, menghilangkan kecemasan pikiran. Anda bisa melakukan jalan kaki, yoga, jogging dan bersepeda demi kesehatan mental.

3. Minum Alkohol

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat menyebabkan gangguan metabolisme. Doker Berzin M.D. percaya bahwa alkohol dapat menjadi bagian dari gaya hidup yang seimbang. Akan tetapi dalam hal kesehatan mental, alkohol kadang digunakan sebagai bentuk pelarian.

Alkohol juga dapat membuat detak jantung tak beraturan dan suhu tubuh jadi lebih rendah.

Jika memang ingin, cobalah minum lebih awal di malam hari jika Anda bisa. "Pukul 22.00 malam bukan waktu yang tepat untuk minum segelas anggur itu. Ada baiknya pukul 18.00 sore, jadi Anda punya waktu untuk memproses metabolismenya," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini