Share

Hasilnya Kurang dari 1 Jam, Alat Tes RT-LAMP Diklaim Ampuh Lacak Omicron

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 612 2533495 hasilnya-kurang-dari-1-jam-alat-tes-rt-lamp-diklaim-ampuh-lacak-omicron-GcMhHLhlto.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GUNA meminimalis persebaran kasus Covid-19, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengetesan secara masif. Sayangnya, tes skrining Covid-19 masih sangat terbatas, mengingat harga PCR yang tidak murah.

Karenanya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pun menciptakan alat tes Covid-19 bernama RT-LAMP sebagai menjadi alternatif selain menggunakan PCR. RT-LAMP tidak memerlukan alat PCR untuk mendeteksi adanya virus SARS-CoV2 pada sampel yang diambil dari hidung.

Alat ini pun menjanjikan waktu tunggu hasil yang sangat cepat, kurang dari 1 jam. Lebih lanjut, dijelaskan Peneliti Kimia BRIN Tjandrawati Mozef, RT-LAMP ini bisa mendeteksi Omicron.

"Secara in silico, RT-LAMP telah diuji spesifisitasnya terhadap varian Covid-19, termasuk Delta dan Omicron, dengan hasil mampu mendeteksi varian tersebut," papar Tjandrawati dalam webinar BRIN, Senin (17/1/2022).

Dengan kemampuan itu, pihaknya cukup yakin bahwa RT-LAMP ini dapat diaplikasikan di masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam hal peningkatan kapasitas testing secara nasional.

"Kami juga yakin, dengan hasil deteksi Covid-19 pada RT-LAMP yang akurat, ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dokumen persyaratan perjalanan," tambahnya.

Sementara itu, Agus Haryono, Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik (OR IPT) BRIN, berharap dengan adanya RT-LAMP ini, masyarakat bisa memiliki referensi lain pengujian Covid-19. "Semoga alat ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di fasilitas kesehatan atau klinik," ungkapnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini