Share

Tips Bikin Sepatu Lama Tampak Baru Lagi, Kuncinya Ada di Sabun Cuci!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 194 2534030 tips-bikin-sepatu-lama-tampak-baru-lagi-kuncinya-ada-di-sabun-cuci-qrkXf0HOhh.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEPATU lama biasanya kondisinya agak lusuh. Hal ini yang membuat sebagian orang enggan pakai sepatu lama, terlebih di acara istimewa.

Tapi, jika sepatu lama Anda memiliki nilai kenangan yang sayang untuk dilupakan, maka solusi yang bisa dilakukan adalah mengembalikannya seperti baru lagi. Ya, setidaknya kembali bersih dan layak untuk dipakai.

Bicara soal cuci sepatu, aktivitas yang satu ini ternyata jangan disepelekan. Ya, cara sikat yang salah, penggunaan sabun yang tidak sesuai, atau proses mengeringkan sepatu yang tidak tepat akan membuat sepatu kesayangan Anda cepat terlihat lusuh.

Tips Cuci Sepatu

Dijelaskan Prabadika Hadyan Romadhona, Direktur Utama Spotless, ketika mencuci sepatu, Anda perlu tahu jenis bahan sepatu terlebih dulu untuk memilih cara perawatan atau metode mencucinya.

Baca Juga : Dari Formal hingga Main, Ini 5 Alas Kaki yang Wajib Dimiliki Para Pria

Selanjutnya, perlakukan sepatu sesuai dengan bahan dan jenisnya. Peralatan yang tepat perlu Anda gunakan agar efektif membersihkan sepatu. Jangan lewatkan untuk membersihkan bagian dalam sepatu, tali, dan juga sol bawah sepatu.

"Yang sering salah adalah adanya anggapan cara membersihkan sepatu dengan merendamnya menggunakan detergen. Padahal hal ini bisa jadi awal penyebab kerusakan sepatu," ungkap Prabadika dalam keterangan resminya, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga : 10 Sepatu Pria Termahal, Sobat Misqueen yang Masih Numpang Wifi Gratis Minggir Dulu

Ia menegaskan bahwa sepatu perlu mendapat perlakuan sesuai dengan bahan dan jenisnya. Karena itu, gunakan peralatan yang tepat agar dapat efektif membersihkan sepatu.

Kesalahan lain yang mungkin belum disadari, sambung Prabadika, terkait cara mengeringkan sepatu setelah dicuci. Ya, sepatu yang telah dicuci sebaiknya jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari. Untuk mengeringkan sepatu, bisa dengan cara diangin-anginkan, agar tidak merusak warna.

Nah, bicara soal cara cuci sepatu yang efektif dan efisien, Prabadika menjelaskan bahwa 'perkakas' khusus sangatlah diperlukan, seperti Spotless Starter Kit. Untuk sabun pembersih sepatu, katanya, pilih yang memang bisa digunakan pada semua jenis bahan sepatu, seperti suede, canvas, nubuck, leather, knit, dan mesh.

"Sabun sepatu sebaiknya terbuat dari formula khusus yang ramah lingkungan, sehingga aman digunakan pada semua jenis warna, tanpa merusak atau membuatnya luntur," ungkapnya.

Selain sabunnya, sikat yang dipakai juga sebaiknya yang berbahan nilon karena mampu membersihkan kotoran dengan maksimal, tapi tidak merusak material sepatu itu sendiri.

Sementara itu, David Wiliam selaku Direktur Spotless mengungkapkan, dengan pemilihan perkakas khusus mencuci sepatu yang berkualitas, itu menjamin sepatu kesayangan lebih 'panjang umur'.

"Mencuci sepatu itu perlu peralatan khusus, tidak bisa sembarang apalagi kalau mau sepatunya awet. Menjaga kebersihan sepatu juga artinya memastikan Anda hidup bersih dan sehat, serta menjamin rasa nyaman," tambahnya. (hel)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini