Share

5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat Penyebab Kolesterol Naik

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 298 2533928 5-kebiasaan-minum-tidak-sehat-penyebab-kolesterol-naik-LQ6OKz2S3L.jpeg 5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat (Foto:

5 KEBIASAAN minum tidak sehat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. salah satunya kolesterol naik. Apa saja itu? 

Tes darah yang menunjukkan Anda memiliki kolesterol tinggi hampir selalu diikuti dengan peringatan dari dokter Anda untuk mengurangi makanan yang digoreng dan berolahraga. Anda bahkan mungkin mendapatkan resep untuk obat penurun kolesterol.

Namun, sementara burger keju dan ayam goreng hampir selalu menjadi penyebab kadar kolesterol Anda yang tinggi, kebiasaan minum Anda juga memainkan peran besar dalam memengaruhi jumlah kolesterol Anda secara negatif. Inilah mengapa penting untuk mengingat minuman yang menyebabkan kolesterol tinggi ini jika Anda mencoba untuk menurunkan angka Anda.

Melansir laman Eat This pada Selasa (18/1/2022), berikut adalah 5 jenis minuman yang dapat menyebabkan kolesterol naik. Untuk itu, batasi mengonsumsi kelima minuman di bawah ini untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Milkshake

5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat

(5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat, Foto: Eatthis)

Para ilmuwan di Medical College of Georgia (MCG) di Augusta University memberi 10 pria sehat milkshake yang dibuat dengan susu murni, krim kocok berat, dan es krim yang mengandung 80 gram lemak dan 1.000 kalori atau makanan sereal 1.000 kalori.

Empat jam setelah makan, para peneliti melakukan tes darah dan memeriksa fungsi endotel subjek, yaitu fleksibilitas pembuluh darah mereka. Hanya kolesterol total, trigliserida, dan asam lemak peminum milkshake yang meningkat secara signifikan, dan tes pembuluh darah mereka menunjukkan penurunan fungsi endotel.

Para ilmuwan mengaitkan gangguan kemampuan pembuluh darah untuk melebarkan dengan benar ke tingkat MPO yang tinggi, suatu enzim yang mengubah sel darah merah yang biasanya halus menjadi sel-sel kecil berduri yang mengeraskan arteri dan dapat mengacaukan penumpukan plak, yang dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

"Anda sedang melihat apa pengaruh makanan tinggi lemak terhadap kesehatan pembuluh darah," kata rekan penulis studi Ryan A. Harris, PhD, ahli fisiologi vaskular dari Institut Pencegahan Georgia MCG, dalam rilisnya.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Kolesterol Naik, Duh Kurang-kurangin Deh!

Soda dan minuman manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda, minuman buah dengan tambahan gula, teh manis, dan lainnya juga memengaruhi kolesterol darah Anda. Apa yang mungkin mengejutkan adalah betapa sedikit yang dibutuhkan untuk membuat dampak negatif. Ketika Anda melihat sains, itu mungkin dianggap sebagai salah satu minuman terburuk yang menyebabkan kolesterol tinggi.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menganalisis data dari lebih dari 6.000 orang selama periode 12 tahun dan menentukan bahwa orang dewasa yang minum satu atau lebih minuman manis setiap hari memiliki risiko lebih besar terkena kolesterol tinggi.

Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa peminum teratur minuman manis memiliki peluang 98% lebih tinggi untuk mengembangkan HDL rendah, kolesterol baik yang membantu membersihkan darah dari kolesterol jahat LDL, dan peluang 53% lebih besar untuk memiliki trigliserida tinggi, sejenis lemak darah yang tidak sehat pada tingkat tinggi.

Studi ini menunjukkan bukti kuat bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula berdampak pada kadar kolesterol Anda, salah satu komponen kunci dari sindrom metabolik yang terkait dengan penyakit kardiovaskular, kata para peneliti dari Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, Boston University, dan Universitas Duke.

Baca Juga : 7 Bahaya Minuman Soda terhadap Tubuh, Yuk Dihindari

Kopi pers Perancis dan espresso

Jangan khawatir. Tidak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol. Itu tergantung pada bagaimana itu diseduh. Senyawa penambah kolesterol ampuh yang disebut cafestol ditemukan di tingkat tertinggi dalam kopi rebus seperti kopi pers Prancis dan espresso.

Dekafeinasi tidak mengurangi kafestrol, namun, senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi, lapor peneliti dari Belanda dan Baylor College of Medicine di Texas dalam sebuah studi 2007 yang diterbitkan di Molecular Endocrinology. Para ilmuwan mengatakan kafestol meningkatkan kolesterol dengan mengganggu reseptor di saluran usus yang mengatur lipoprotein.

Namun, agar memiliki efek negatif pada tubuh Anda, Anda perlu mengonsumsi lima hingga delapan cangkir kopi tanpa filter sehari untuk meningkatkan kolesterol LDL "jahat" Anda, menurut Harvard Health.

Smoothie minyak kelapa

Sebuah meta-analisis 2020 dari uji klinis di Circulation menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa selama dua minggu dapat meningkatkan kolesterol LDL sebesar 10,5 miligram per desiliter jika dibandingkan dengan minyak nabati non-tropis.

Minyak kelapa juga meningkatkan kolesterol HDL yang baik, demikian temuan studi tersebut. American Heart Association telah lama menganjurkan mengganti lemak sehat seperti minyak zaitun untuk lemak jenuh. Mengurangi kandungan karbohidrat yang tinggi dari smoothie Anda juga dapat membantu.

Tinjauan uji klinis, di mana lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat menurunkan kadar LDL jahat dan meningkatkan kolesterol HDL pelindung.

Alkohol

5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat

(5 Kebiasaan Minum Tidak Sehat, Foto: Eatthis)

Anda pasti pernah mendengar bahwa minum segelas anggur sesekali dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL baik Anda. Tapi itu bukan alasan untuk mulai minum. Mengkonsumsi lebih dari yang direkomendasikan satu minuman per hari untuk wanita dan dua untuk pria dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Alkohol diketahui meningkatkan trigliserida, sejenis lemak darah seperti kolesterol, dan penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa minum berat, terutama sesekali minum berat, secara signifikan berdampak pada rasio lemak darah dan dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini