Share

5 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan, Gak Sangka Bisa Hambat Sel Kanker!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 481 2534114 5-manfaat-telur-bebek-untuk-kesehatan-gak-sangka-bisa-hambat-sel-kanker-FXHo11kjeJ.jpeg Telur Bebek (Foto: Healthline)

TELUR bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti halnya telur ayam. Bahkan, telur bebek juga memiliki kuning telur yang lebih kaya protein dibandingkan dengan telur ayam.

Selain mengandung protein, lemak, dan antioksidan, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral. Misalnya, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan.

Sebutir telur bebek mengandung 130 kalori, 9 gr protein, 1 gr karbohidrat, 100 mg sodium, 150 mg kalium, 154 gr fosfor, dan 600 mg kolesterol.

Sedangkan sebutir telur ayam mengandung 60 kalori, 5,5 gr protein, 0,3 gr karbohidrat, 60 mg natrium, 60 mg kalium, 85 mg fosfor, dan 165 mg kolesterol.

Telur bebek menjadi pilihan makanan yang populer bagi orang-orang dari segala usia karena nilai gizinya yang tinggi. Berikut 5 manfaat telur bebek bagi kesehatan dilansir dari Stylecraze:

1. Perkuat Imunitas

Telur Bebek

Vitamin A yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Tercukupinya kebutuhan vitamin A tersebut akan membantu memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.

Baca Juga : 5 Alasan Sarapan Makan Telur Bagus bagi Kesehatan

2. Memperkuat dan menjaga kesehatan tulang

Salah satu nutrisi penting untuk pembentukan tulang yang sehat adalah kalsium. Seperti yang terlihat dari kandungan nutrisi dari telur bebek mengandung sumber kalsium yang lebih tinggi daripada telur ayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telur bebek dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Baca Juga : Bagai Induk, Perempuan Mengerami Telur Bebek Sampai Menetas!

3. Sumber antioksidan 

Telur bebek mengandung asam amino dan karotenoid yang cukup tinggi. Sebuah penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh penggaraman terhadap aktivitas antioksidan telur bebek.

Para peneliti melihat bahwa mengasinkan telur bebek meningkatkan aktivitas antioksidannya secara signifikan, sehingga menunjukkan bahwa telur bebek merupakan sumber antioksidan.

4. Membantu mencegah kanker

Telur Bebek

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuning telur bebek telah menghambat pertumbuhan dan pergerakan sel kanker. Karenanya menunjukkan bahwa telur bebek dapat memainkan peran penting dalam memerangi kanker.

5. Dapat berperan melawan bakteri

Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa protein yang terkandung dalam putih telur bebek, menunjukkan aktivitas antibakteri yang signifikan melawan bakteri jahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini