Share

Geliat Apotek Online di 2022, Dunia Farmasi Makin Digital

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 481 2534138 geliat-apotek-online-di-2022-dunia-farmasi-makin-digital-QOmLA5ZnAL.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

DUNIA farmasi Indonesia semakin mengarah ke digital untuk memudahkan masyarakat. Geliat apotek online di 2022 ini pun semakin terlihat.

Beberapa apotek pun telah banyak yang mendapatkan sertifikasi Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF). Menurut Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono, PSEF diberikan sejalan dengan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk sektor kesehatan yang berfokus pada akses kesehatan semesta.

“PSEF akan menghubungkan apotek dengan pasien secara daring, di mana pasien diberi kebebasan memilih apotek. Telefarmasi bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat, memudahkan, percepatan dan efisiensi pelayanan,” ungkap Dante dalam keterangannya.

 apotek

Penggunaan telefarmasi juga memungkinkan pasien mendapatkan akses obat-obatan baik untuk swamedikasi maupun obat resep dokter. Di era pandemi, metode ini juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan obat sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Head of GoApotik Neneng Mutmainah menambahkan, sekalipun ada telefarmasi, para pelaku industri farmasi harus mendirikan apotek yang legal, berlisensi dan terverifikasi. Peran apoteker juga sangat besar untuk menyediakan obat-obat yang sesuai.

"Peran apoteker untuk memberikan pelayanan kefarmasian secara online (telefarmasi), sehingga pelayanan kefarmasian apotek di era digital tetap dapat berjalan dengan baik," ucapnya di sela mendapat n sertifikasi ISO 27001 terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi dari British Standard Institution.

Dari sinilah, masyarakat pun tak khawatir tertipu ataupun mendapatkan obat palsu. Karena di masa pandemi, mereka harus mengurangi kerumunan di luar rumah, sekalipun hanya pergi ke apotek konvensional untuk mendapat obat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini