Share

Ladies, Pria yang Pakai Masker Medis Dianggap Lebih Menarik?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 612 2533931 ladies-pria-yang-pakai-masker-medis-dianggap-lebih-menarik-1dDWtSq8fE.jpg Pria pakai masker (Foto: Istockphotos)

PANDEMI Covid-19 mengubah tatanan hidup umat manusia di dunia. Kini, pemakaian masker wajah jadi hal wajib dalam aktivitas sehari-hari.

Dua tahun berjalannya pandemi Covid-19 ternyata juga mengubah pandangan akan masker, terutama masker medis. Jika dulu masker medis erat kaitannya dengan kesakitan dan penyakit. Kini, pandemi membuat masker medis jadi punya value lebih terhadap visual seseorang.

 pria pakai masker

Tahukah Anda, dari hasil studi dari para peneliti Universitas Cardiff, Inggris yang dipublikasikan baru-baru ini mendapati bahwa pemakaian masker medis meningkatkan daya tarik seseorang, seperti dilapor USA Today, Selasa (18/1/2022).

“Masker memang menutupi sebagian wajah Anda, sehingga peningkatan daya tarik bisa dikaitkan dengan 'keindahan oklusi'," kata para peneliti.

Studi ini digelar sebagai bagian dari penelitian berkelanjutan yang mengeksplorasi daya tarik dan pilihan pasangan serta bagaimana norma-norma hidup berubah setelah pandemi Covid-19. Studi penelitian diketahui digelar melibatkan 43 orang mahasiswa psikologi Universitas Cardiff dengan melihat 40 wajah pria, 20 di antaranya menarik dan 20 di antaranya dinilai tidak menarik.

40 wajah pria yang dinilai, ditampilkan dalam empat cara berbeda yakni dengan memakai masker medis, masker kain, dengan memegang buku di depan wajah mereka atau tanpa memakai masker sama sekali.

Hasilnya, peserta wanita mendapati wajah pria paling menarik ketika para pria tersebut mengenakan masker medis. Selain itu, peserta wanita menemukan pria yang memakai masker kain setidaknya terlihat lebih menarik daripada wajah pria yang tidak pakai masker sama sekali. Meski wajah pria yang memakai masker kain, tetap dianggap tak semenarik pria yang mengenakan masker medis.

Salah satu penulis penelitian yang terlibat, Michael Lewis mengaku kaget dengan hasil penelitian ini.

“Orang mungkin mengira masker fashion untuk meningkatkan daya tarik lebih. Makanya, jadi mengejutkan ternyata masker medis memiliki efek yang lebih besar," kata Michael.

Selain aspek visual daya tarik seseorang, pemakaian masker medis juga dilihat sebagai salah satu tanda bahwa orang tersebut adalah pribadi, seorang warga yang bertanggung jawab dan peduli terhadap satu sama lain dan lingkungan di sekitarnya. Hal inilah yang kemungkinan berdampak positif terhadap daya tarik yang dirasakan.

Serupa dengan studi dari Universitas Cardiff, studi penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti Jepang menunjukkan hasil bahwa perempuan yang memakai masker juga terlihat lebih menarik.

 Baca juga: Ingin Dapat Jodoh, Begini Cara Jadi Pria Menarik

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal i-Perception pada Juni 2021 tersebut, melibatkan 286 orang pria dan perempuan dewasa. Para peserta mengikuti survei mengenai daya tarik wajah perempuan yang mengenakan masker. Hasilnya, wajah kaum perempuan dinilai lebih menarik dan lebih sehat dengan pemakaian masker wajah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini