Share

Dokter Reisa Minta Pelaku Perjalanan Luar Negeri Patuhi Karantina

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 481 2534558 dokter-reisa-minta-pelaku-perjalanan-luar-negeri-patuhi-karantina-tG2awVb7lH.jpg Pulang dari luar negeri (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan data bahwa selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 terjadi peningkatan penumpang kendaraan umum.

Peningkatan tersebut cukup signifikan yakni mencapai 13,91 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama dengan di 2021.

 Reisa

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, mengatakan, hal tersebut penting untuk dijadikan pengingat bahwa masyarakat harus selalu patuh terhadap protokol kesehatan.

Terutama saat menggunakan transportasi umum, saat beraktivitas di ruang publik, dan menerapkan protokol kedatangan saat kembali ke rumah agar risiko penularan berkurang.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Reisa juga menjelaskan mengenai jumlah Warganegara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan luar negeri. Sepanjang 2021, jumlah kedatangan Warganegara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan ke luar negeri mencapai 514.251 jiwa.

“Ini perlu dijadikan catatan penting bagi seluruh masyarakat usai melakukan perjalanan luar negeri untuk patuh melakukan karantina secara tertib agar risiko penularan kasus Covid-19 dapat dihindari,” kata dr. Reisa dalam Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Rabu (19/1/2022).

Dokter Reisa mengimbau jika masyarakat tidak memiliki keperluan yang mendesak ada baiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian dan memilih melakukan Work From Home (WFH) bagi yang dapat berkerja dari rumah.

 Baca juga:  Dokter Reisa Sebut Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 300 Juta Dosis

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu, kecuali ada hal yang mendesak,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini