Share

4 Cara Mudah Bikin Rambut Indah dan Sehat, Gak Sering-Sering ke Salon Deh!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 611 2534781 4-cara-mudah-bikin-rambut-indah-dan-sehat-gak-sering-sering-ke-salon-deh-tp6kJyzSjH.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

RAMBUT merupakan mahkota wanita. Karenanya, kebersihan dan kesehatan rambut sangat perlu dijaga. Rambut juga memainkan peran dalam menunjang penampilan Anda. Walaupun Anda tidak mengenakan pakaian mahal dan bermerk, namun jika rambut indah dan sehat, Anda akan tetap terlihat cantik.

Merawat rambut untuk mendapatkan hal tersebut pun sebenarnya tidak perlu ke salon, terlebih jika Anda tidak memiliki bujet untuk itu. Melansir Times of India pada Rabu (19/1/2022), ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut supaya terlihat sehat dan indah.

Konsumsi makanan sehat

Diet Sehat

Makan sehat diperlukan jika Anda ingin membuat rambut Anda kuat dan tahan lama. Makanan sehat menyehatkan folikel rambut dari dalam dan membuatnya lebih tangguh. Caranya, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur, konsumsi lemak sehat seperti kacang-kacangan, serta konsumsi makanan yang membantu pencernaan seperti jahe dan madu.

Baca Juga : 5 Daftar Makanan untuk Menjaga Rambut Indah dan Sehat

Meminyaki dan mencuci rambut

Minyak rambut memberi nutrisi pada folikel dan kulit kepala dan membantu mempertahankan kelembapan, yang penting untuk mencegah rambut rontok. Anda harus selalu meminyaki rambut Anda secara menyeluruh setelah keramas dan menjadikan aktivitas ini sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut Anda.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa atau wijen atau membeli minyak rambut herbal. Disarankan agar Anda mencuci rambut dua kali seminggu dan mengolesnya setelahnya. Mencuci rambut lebih dari itu dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut yang tepat.

Pijat kulit kepala

Perawatan Rambut

Anda harus selalu memijat kulit kepala Anda dengan minyak rambut hangat sebelum mencucinya. Memijat kulit kepala dengan lembut dengan minyak herbal dapat mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut dari akar hingga ujungnya.

Perawatan rambut herbal

Reetha (Sapindus mukorossi) dan shikakai (Senegalia rugata) adalah dua herbal paling populer untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Ketika buah-buahan dari tanaman ini ditambahkan ke air hangat, mereka berubah menjadi produk seperti sampo yang berbusa.

Cukup ikuti tips sederhana ini dan rejimen perawatan rambut Anda akan mulai membuat perbedaan bagi kesehatan rambut Anda. Namun, sambil menerapkan semua solusi ini, pastikan Anda berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Tanpa itu, kiat-kiat ini mungkin tidak berfungsi sebaik yang Anda inginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini