Share

Dokter Reisa Sebut Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tembus 300 Juta Dosis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 612 2534498 dokter-reisa-sebut-vaksinasi-covid-19-di-indonesia-tembus-300-juta-dosis-SMGJe1fIii.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH memang terus mendorong pemberian vaksin Covid-19 pada masyarakat. Bahkan, mereka yang sudah dua kali mendapatkan vaksin pun direkomendasikan untuk mendapatkan booster.

Vaksin booster sendiri, diberikan pada mereka yang sudah berusia 18 tahun lebih, dengan prioritas diberikan pada mereka yang rentan seperti lansia dan mereka yang memiliki penyakit autoimun. Saat ini ada 5 vaksin yang digunakan sebagai booster dan sudah mendapatkan persetujuan BPOM.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, mengatakan dosis vaksinasi Covid-19 yang sudah disuntikkan kepada masyarakat Indonesia per 18 Januari 2022 telah berhasil melampaui 300 juta dosis. Dokter Reisa mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari kerjasama semua masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, dokter cantik ini juga membahas mengenai vaksin booster Covid-19. Berdasarkan hasil studi diketahui telah terjadi penurunan antibodi selama 6 bulan setelah dosis primer atau dosis lengkap (2 kali penyuntikan, dan satu kali penyuntikan jika menggunakan vaksin Johnson&Johnson).

“Sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu, terutama pada kelompok masyarakat rentan,” kata dr. Reisa, dalam Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Rabu (19/1/2022).

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) berdasarkan kajian melalui surat SR/2/2022 Mengenai Kajian Vaksin Covid-19 Dosis Lanjutan menganjurkan pemberian booster ini untuk memperbaiki efektifitas vaksin yang telah menurun. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 12 Januari 2022 juga telah mengeluarkan 6 merek vaksin yang disetujui untuk digunakan.

Adapun vaksin yang digunakan sebagai booster Covid-19, yakni CoronaVac (Sinovac-Bio Farma), AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Zifivax, dan Janssen. Pada 11 Januari 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menyetujui bahwa vaksin booster ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jadi masyarakat yang sudah 6 bulan menerima vaksinasi dosis kedua, segeralah cek jadwal dan tiket vaksinasi pada website atau aplikasi PeduliLindungi yakni pada menu dan riwayat tiket vaksin," kata dia.

"Ingat jenis vaksin yang akan diterima seusia dengan riwayat dan padanan vaksin booster tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu. Sesuai dengan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasinya,” tutasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini