Share

Hasil Penelitian: Pria yang Pakai Masker Medis Biru Terlihat Lebih Menarik

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 612 2534637 hasil-penelitian-pria-yang-pakai-masker-medis-biru-terlihat-lebih-menarik-UOApoPy8AL.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PADA awalnya, masker memang digunakan hanya sebagai pencegah agar seseorang tidak terpapar virus Covid-19. Tapi, seioring dengan kehidupan yang mewajibkan kita memakai masker di ruang publik, maka masker tidak bisa lagi hanya sebagai penghalang virus.

Banyak masker sudah bertransformasi sebagai item fashion dengan berbagai warna dan motif. Tapi tahu kah Anda, peneliti menemukan bahwa orang terlihat lebih menarik saat memakai masker pelindung.

Profesor dari Cardiff University menilai bagaimana tipe masker berbeda "mengubah daya tarik" di antara sekelompok 40 pria. Perempuan menilai setiap wajah pria dalam empat skenario: tanpa masker, saat memakai masker kain, memakai masker medis biru dan memegang buku bersampul hitam yang menutupi area yang biasa ditutupi masker.

Peneliti menemukan masker medis biru membuat pemakainya terlihat paling menarik. Dan para pria dinilai terlihat lebih baik dengan penutup wajah yang menyelubungi bagian bawah wajah mereka.

Masker

"Ini mungkin karena kita terbiasa melihat pekerja kesehatan memakai masker biru dan kita mengasosiasi ini dengan orang-orang yang peduli atau memiliki profesi medis," kata Dr. Michael Lewis dari School of Psychology Cardiff, dalam keterangannya, dikutip Antara dari CBS46.

Pandemi yang masih belum usai terus menjadi masa ketika orang merasa rapuh. "Kita mungkin berpikir pemakaian masker medis membesarkan hati, dan merasa lebih positif kepada orang yang memakainya," kata dia.

Sebelum Maret 2020, penelitian menunjukkan masker mengurangi daya tarik seseorang. Peneliti yakin pandemi telah mengubah bagaimana pandangan tentang orang yang memakai masker. Alih-alih berasumsi seseorang punya penyakit, kita jadi lebih cenderung berpikir mereka peduli atas kesehatan orang lain.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini