Share

Lari, Terapi Efektif Guna Perbaiki Kesehatan Mental

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 612 2534646 lari-terapi-efektif-guna-perbaiki-kesehatan-mental-yQp62pq9lL.jpg Lari (Foto: David pasqualone)

KESEHATAN mental jadi isu yang kerap hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Tak jarang, mereka yang memiliki gangguan dalam kesehatan mentalnya. Serta sebagian orang merasa bingung untuk mengatasinya.

Peneliti Psikologi sekaligus Pendiri HatiPlong, Farah Djalal mengatakan, salah satu terapi terbaik untuk mengembalikan kesehatan mental yang terganggu adalah dengan cara lari.

 Farah

Lari di dini, kata Farah, bukan berarti lari dari masalah. Akan tetapi melakukan kegiatan olahraga lari, di mana setiap gerakannya akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental.

"Penting banget antara kesehatan fisik dan mental itu sejalan. Untuk terbaring sakit tapi happy. Kita happy tapi fisik gak oke. Makanya ini menjadi ajang yang penting banget untuk awareness keduanya," ujarnya kepada MNC Portal saat konferensi pers Gerakan Pelarian untuk Kesehatan Mental, Rabu (19/01/22).

Farah menjelaskan, bahwasannya terapi lari tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga berpengaruh dan berkesinambungan terhadap perbaikan mental.

"Tapi berlari juga merupakan terapi enggak harus untuk orang yang punya kelainan, tapi bisa dilakukan siapa saja karena bisa meningkatkan kesehatan mental," terangnya.

Lebih lanjut, ketika seseorang berlari maka akan menimbulkan hormon endorfin yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. Khususnya dapat memperbaiki kesehatan mental Anda.

Selain hormon endorfin, dengan berlari juga bisa memicu datangnya hormon leptin. Di mana jenis hormon ini bisa memperbaiki pola makan, serta menimbulkan rasa semangat untuk lebih banyak bergerak.

"Dan memicu motivasi berlari lebih banyak. Efeknya juga ada efek psikologis," katanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini