Share

Cegah Stres di Tengah Pandemi, Begini Cara Tingkatkan Hormon Kebahagiaan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 612 2534658 cegah-stres-di-tengah-pandemi-begini-cara-tingkatkan-hormon-kebahagiaan-K7PtftMtC0.jpg Berusaha bahagia (Foto: Powerful mind)

KEJENUHAN yang ditimbulkan selama masa pandemi Covid-19 membuat seseorang rentan mengalami stres. Oleh sebab itu membuat perasaan dan hati menjadi tenang sangat penting dilakukan agar seseorang bisa terhindar dari stres.

Kabar baiknya, ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa bahagia dan mengubah mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Merangkum dari laman Instagram resmi Satuan Tugas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Rabu (19/1/2022), berikut beberapa cara alami tingkatkan hormon kebahagiaan.

 makanan enak

1. Dopamin (Hormon perasaan baik)

Seseorang bisa meningkatkan hormon dopamin dengan cara: mengonsumsi makanan enak, cukup tidur, olahraga, dan bermeditasi.

2. Endorfin (Hormon pereda alami tubuh)

Hormon ini dapat diperoleh dengan cara: tertawa, mendengarkan musik, makan cokelat, dan menonton film.

3. Oksitosin (Hormon cinta)

Hormon oksitosin dapat diperoleh dengan cara: berpelukan, berbagi cinta, bermain dengan hewan peliharaan, dan melakukan kebaikan.

4. Serotonin (Hormon pengelola suasana hati)

Hormon ini dapat diperoleh dengan cara: berjemur di bawah sinar matahari, melihat pemandangan alam, berjalan-jalan, beroda dan beribadah.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk melakukan sejumlah aktivitas yang dapat meningkatkan hormon kebahagiaan secara alami. Meski demikian, masyarakat juga tidak boleh lupa untuk menerapkan protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi Covid-19 agar terhindari dari infeksi virus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini