Share

Cuma Butuh 1 Hari untuk Varian Omicron Sebabkan Penularan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 481 2534962 cuma-butuh-1-hari-untuk-varian-omicron-sebabkan-penularan-WUNdci4wpO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VARIAN Omicron memang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di banyak negara. Di Indonesia sendiri, kasus varian Omicron pun telah menyebabkan kenaikan kasus positif Covid-19.

Informasi terbaru mengatakan bahwa sekarang kasus Omicron di Indonesia sudah lebih dari 1.000 kasus. Pemerintah pun tegas melarang masyarakat pergi ke luar negeri jika keperluannya tidak mendesak.

Bicara soal Omicron, maka hal yang cukup menarik untuk diketahui adalah hari ke berapa pasien berhenti menyebarkan virus. Kemudian, pertanyaan lainnya adalah di hari ke berapa pasien Omicron sangatlah menular.

Menjawab pertanyaan tersebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa orang yang terinfeksi Omicron paling menular dalam timeline waktu yang sangat singkat setelah dia terinfeksi virusnya.

"Ini karena Omicron menyebabkan gejala lebih cepat daripada varian sebelumnya, yang rata-rata sekitar 3 hari setelah infeksi terjadi. Artinya, pada Omicron virus sudah bisa menular sehari setelah seseorang terinfeksi" ungkap laporan ABC News, dikutip MNC Portal, Kamis (20/1/2022).

Lebih lanjut, dr Amy Karger dari University of Minnesota Medical School merekomendasikan agar setiap individu yang merasakan gejala mengarah ke Omicron untuk melakukan tes di hari ketiga dan lima hari setelah Anda dinyatakan positif Covid-19. "Banyak kasus di masyarakat orang-orang dinyatakan positif Covid-19 di hari ketiga," terang dr Karger.

Nah, menjadi pertanyaan sekarang adalah di hari ke berapa pasien Omicron tidak lagi menularkan virusnya? Dalam paparan yang disampaikan dr Adam Prabata di Instagram, dijelaskan bahwa varian Omicron sudah tidak menular di hari ke-10 setelah didiagnosis Covid-19.

Dokter Adam melanjutkan, hal itu berdasarkan data penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap 21 orang yang terinfeksi Omicron.

"Data menunjukkan bahwa varian Omicron sudah memiliki hasil kultur virus negatif atau sudah sangat kecil kemungkinannya untuk menular pada hari ke-10 setelah didiagnosis atau hari ke-10 setelah bergejala," papar dr Adam.

Dia menambahkan, masa penularan bisa lebih singkat pada orang yang tidak bergejala yaitu hingga hari ke-5 setelah hasil tes PCR positif pertama. Informasi yang disampaikan dr Adam ini dia ambil dari National Institute Diseases Japan (2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini