Share

Manfaat Vaksinasi Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 481 2535215 manfaat-vaksinasi-anak-di-tengah-pandemi-covid-19-6a8G8dsfCk.jpg vaksinasi anak (Foto: Healio)

GUNA mendukung program pemerintah untuk pemulihan pandemi Covid-19 serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 anak dan vaksin booster diselenggarakan di sebuah mal di Jakarta Barat.

Sentra Vaksin Generasi Maju merupakan bagian dari rangkaian kampanye 'Indonesia Bangkit' yang berlangsung pada 20 - 24 Januari 2022. Sentra vaksinasi ini menargetkan 5.000 peserta vaksin yang terdiri dari 2.500 peserta anak dan 2.500 peserta vaksinasi booster.

 vaksinasi anak

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mempersiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi Covid-19 untuk anak ini juga telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Vaksinasi ini penting untuk dilakukan sebab, anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang lain di sekitarnya walau tanpa gejala. Kegiatan vaksin melalui Sentra Vaksin Generasi Maju di beberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Pasalnya 3 kota besar tersebut masih menjadi fokus pemerintah dalam pengendalian kasus Covid-19. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, anak-anak merupakan masa depan bangsa yang perlu didukung dan dilindungi bersama.

"Agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju. Di masa pandemi ini, vaksinasi pada anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak," kata Siti Nadia.

Vaksinasi ini akan melindungi anak-anak khususnya dalam aktivitas pembelajaran. Ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindari infeksi Covid-19 dari lingkungan sekitar.

 Baca juga: Epidemiolog Ingatkan Masyarakat Tak Pilih-Pilih Vaksin Covid-19

"Kami sangat menyambut positif kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia demi tercapainya Herd Immunity," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini