Share

Ahli Pulmonologi Ingatkan Tak Usah Takut Omicron Berlebihan, Patuhi Prokes dan Jaga Kesehatan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 481 2535271 ahli-pulmonologi-ingatkan-tak-usah-takut-omicron-berlebihan-patuhi-prokes-dan-jaga-kesehatan-e7RtXGh1l3.jpg Varian Omicron (Foto: Femme actuelle)

SAAT ini varian Omicron sedang merebak di Tanah Air. Bahkan kasusnya memang bertambah.

Varian omicron asal Afrika Selatan ini memang disebut memiliki kemampuan menular yang jauh lebih cepat daripada varian Delta.

 omicron

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan, dr. Prasenohadi, Sp.P, KIC, Ph.D, mengatakan, masyarakat sebenarnya tidak perlu khawatir atau merasa takut berlebihan. Kalau masyarakat tetap menjaga kesehatan dan melakukan vaksinasi lengkap, maka diharapkan gelombang ketiga tidak akan terjadi.

“Perlu meningkatkan imunitas tubuh dengan mencukupi kebutuhan gizi dan olahraga. Ini dapat mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19,” kata dr. Prasenohadi.

Terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan guna menjaga kasus Covid-19 di Indonesia tetap landai, di antaranya:

1. Meningkatkan cakupan vaksinasi. Hal ini jadi tugas pemerintah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi serta partisipasi dari masyarakat untuk mau divaksin.

2. Tetap mempertahankan dan menjaga protokol kesehatan. Kalau bisa lebih ditingkatkan. Jadi meskipun kita lihat di Indonesia sudah ada pelonggaran di PPKM, tapi protokol kesehatan tetap harus dijaga dan ditingkatkan.

 Baca juga: Apakah Seseorang Bisa Terkena Omicron dan Delta Bersamaan?

3. Adanya agen edukasi. Jadi sebagai dokter atau masyarakat harus melakukan edukasi tentang masalah Covid-19 minimal untuk keluarganya. Terutama pada orang-orang yang pernah terinfeksi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini