Share

Mengenal Parasomnia, Gangguan Tidur yang Bikin Anya Geraldine Melindur Pesan Pecel Lele

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 481 2535288 mengenal-parasomnia-gangguan-tidur-yang-bikin-anya-geraldine-melindur-pesan-pecel-lele-ObCQZndLUh.jpg Anya Geraldine (Foto : Instagram/@anyageraldine)

BEBERAPA orang memiliki masalah tidur, termasuk Anya Geraldine. Pemeran Lydia series Layangan Putus tersebut memiliki gangguan tidur melindur.

"Jam segini belum tidur, tiba-tiba ngidam pecel lele. Ya, semoga aja besok pagi gue nggak ngulangi kebiasaan buruk gue, yaitu melindur pesan gofood lagi, masa iya breakfast (sarapan)nya pecel lele," ujar Anya lewat instagram story @anyageralgine baru-baru ini.

Anya Geraldine

Gangguan tidur seperti melindur dalam istilah medis disebut dengan parasomnia. Dikutip dari Healthline, parasomnia merupakan gangguan kualitas tidur karena adanya episode abnormal saat tidur.

Baca Juga : Sering Begadang, Ini Risiko Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai

Fenomena gangguan tidur ini muncul secara tiba-tiba selama tidur. Bisa juga melindur terjadi pada ambang antara terjaga dan tidur.

Baca Juga : Gangguan Tidur yang Tidak Ditangani dengan Baik Bisa Timbulkan Risiko Ini

Melindur paling sering muncul dalam bentuk mimpi buruk yang ditandai dengan mimpi lama dan menakutkan. Biasanya orang terduduk di tempat tidur dengan ekspresi ketakutan, berteriak dengan keras seperti sedang mengalami teror.

Apa sih penyebabnya?

Sampai saat ini penyebab parasomnia belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menyebut faktor genetik menjadi salah satu faktor karena banyaknya kasus parasomnia terjadi menurun dari keluarga.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang rentan mengalami gangguan tidur ini. Faktor-faktor tersebut di antaranya:

- Sedang stres

- Efek samping obat

- Kebiasaan minum alkohol

- Orang tersebut memiliki gangguan post-traumatic stress disorder

Untuk pengobatan, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan agar penderitanya tidur lebih nyenyak. Sebagian besar parasmnia akan hilang seiring bertamhanya usia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini