Share

Menkes Terus Berupaya Turunkan Stunting

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 481 2535334 menkes-terus-berupaya-turunkan-stunting-gZrjbN0kLz.jpg Stunting (Foto: The telegraph)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan terhadap penurunan stunting. Di mana presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penurunan kasus tersebut hingga 14 persen dari 24 persen.

Menkes melanjutkan, pihaknya melakukan intervensi perbaikan stunting menjadi dua hal. Pertama, intervensi yang sensitif, di mana determinalnya hingga 70 persen dari kasus stunting yang disebabkan oleh hal tersebut.

 menurunkan stunting

"Itu di luar Kemenkes. Jadi nanti akan dikoordinasikan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) terhadap kementerian lembaga lainnya," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait RTM Konvergensi Anggaran Pusat dan Daerah dalam Percepatan Penurunan Stunting, Kamis (20/01/22).

Kedua, menurut Menkes Budi, yang menjadi tanggung jawab Kemenkes adalah intervensi spesifik. Terutama berkaitan dengan gizi ibu dan anak serta perawatannya, apabila gizinya terbukti kurang.

Hal tersebut ditengarai hingga 30 persen determinasinya terhadap prevalensi stunting, itu yang menjadi program-program Kemenkes di tahun 2022.

"Kita sudah menyusun program-program intervensi spesifik. Baik sebelum ibunya melahirkan, terutama pada saat hamil dan sesudah bayinya lahir. Dan program-program tersebut akan kami percepat implementasinya di tahun 2022 ini," tuturnya.

Sementara itu ia juga menyampaikan, Kemenkes saat ini memiliki anggaran sekitar Rp7 triliun di tahun 2022 untuk stunting. Jumlah tersebut, kata Budi, sesuai apa yang telah disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

"Memang secara anggaran di Kementerian kesehatan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan ada Rp7 triliun. Tapi dari 7 triliun itu Rp3,9 triliunnya untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran). Jadi kita mensubsidi iuran BPJS," katanya.

 Baca juga: Cegah Stunting, Ibu Hamil Harus Perhatikan Penambahan Berat Badan

Menkes menjelaskan, dari total keseluruhan anggaran Rp7 triliun tersebut, saat ini anggaran yang terdapat di Kementerian Kesehatan sebanyak Rp3,1 triliun.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini