Share

Mengenal Perbedaan 4 Jenis Parfum yang Umum Beredar

Tim Okezone, Okezone · Kamis 20 Januari 2022 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 611 2535231 mengenal-perbedaan-4-jenis-parfum-yang-umum-beredar-jsmBXlDwdf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGGUNAKAN parfum memang menjadi solusi paling praktis untuk menghilangkan bau badan akibat akitvitas seharian. Parfum pun memiliki berbagai macam jenis dan bau hingga terkadang membingungkan.

Ada berbagai jenis parfum dengan istilah yang jarang Anda dengar. Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam menentukan aroma wewangian. Ada yang lebih suka dengan aroma lembut, ada juga yang gemar aroma yang kuat.

Setiap parfum memiliki konsentrasi yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat efek parfum pada kulit juga bervariasi. Untuk membedakan jenis satu parfum dengan yang lainnya, simaklah ulasan berikut ini.

Parfum (Extrait de Parfum)

Parfum

Parfum terbuat dari minyak wangi ekstrak yang murni. Parfum memiliki konsentrasi yang tinggi, sekitar 20-30%. Wanginya cenderung bertahan lama sampai seharian saat diaplikasikan pada tubuh.

Harga parfum cenderung lebih mahal karena memiliki kadar alkohol jauh lebih sedikit daripada jenis wewangian lain. Pemakaian parfum biasanya hanya dioleskan pada titik-titik tertentu dan tidak digunakan di seluruh tubuh. Bagi Anda yang cenderung tidak suka wewangian yang kuat, mungkin saja Anda akan terganggu dengan aroma parfum ini.

Eau de Parfum (EDP)

Parfum

Eau de parfum (EDP) merupakan wewangian yang memiliki konsentrasi aroma antara 15%-20%. Ketahanan aromanya bisa bertahan hingga 4-6 jam. EDP dapat disemprotkan pada rambut dan pakaian. Jenis wewangian ini mirip dengan parfum namun dengan aroma yang lebih lembut sehingga sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Eau de Toilette

Parfum

Eau de toilette pertama kali diproduksi pada abad ke-14 dan biasa disebut sebagai "heavenly water". Eau de toilette memiliki kadar minyak esensial yang lebih kecil dibandingkan eau de parfume, yaitu sekitar 5 hingga 15%.

Kandungan minyak esensial yang lebih kecil ini membuat eau de toilette hanya bertahan selama dua hingga tiga jam. Jenis wewangian ini sangat cocok digunakan untuk sehari-sehari, dan ideal untuk cuaca panas/hangat. Sebab, EDT cenderung menyegarkan dan cepat menguap.

Eau de Cologne

Parfum

Eau de Cologne biasanya memiliki konsentrasi aroma 2% sampai 4% dan konsentrasi alkohol yang tinggi. Eau de Cologne atau yang umum disebut cologne, merupakan pilihan wewangian yang lebih ekonomis dengan ketahanan sekitar 2--3 jam.

Jenis wewangian ini yang paling ringan sehingga sangat ideal digunakan sehari-hari untuk cuaca panas. Sayangnya, EDC kurang cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, karena pemakaian EDC bisa membuat kulit kering.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini