Share

Kena Omicron atau Cuma Pilek? Simak Perbedaan Keduanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 612 2534914 kena-omicron-atau-cuma-pilek-simak-perbedaan-keduanya-ul4DseDNqJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KASUS positif Omicron di Indonesia memang terus mengalami penambahan. Kasus Omicron tersebut, memang didominasi oleh mereka yang melakukan perjalanan ke atau dari luar negeri.

Tapi, ada beberapa yang sudah mulai terpantau persebaran lokal. Hal ini tentu saja memberikan kekhawatiran tersendiri, apalagi varian Omicron disebut sebagai varian yang paling mudah menular.

Gejalanya pun bisa dikatakan seperti pilek pada umumnya. Gejala yang muncul saat tubuh terinfeksi varian virus tersebut tak jauh berbeda dengan Anda mau pilek.

Terlebih di kondisi cuaca seperti ini, akan sangat wajar ketika Anda tiba-tiba bersin-bersin seperti mau pilek, lalu mulai sakit tenggorokan. Lantas, bagaimana Anda membedakan itu Omicron atau pilek biasa?

Menurut laporan NBC Chicago, sampai saat ini para ahli mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk tahu apakah itu Omicron atau pilek adalah dengan melakukan tes Covid-19. Di sisi lain, Anda pun harus mengobati gejala yang muncul.

"Jika mulai merasakan gejala flu, pilek, atau meler, sangat disarankan Anda tinggal di rumah saja atau melakukan tes Covid-19, karena bisa saja itu Omicron," terang Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago dr Allison Arwady, dikutip MNC Portal Kamis (20/1/2022).

Kondisi 'masuk angin' yang banyak dikeluhkan pun bisa saja itu pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di tubuh, termasuk infeksi Omicron.

"Omicron ini tidak menyebabkan gejala yang parah, tidak mengancam nyawa, tapi ini sangat menular ke orang lain," tegasnya.

Di sisi lain, menurut ahli kesehatan membedakan Omicron dengan flu atau pilek biasa itu cukup sulit. Sebab, keduanya punya gejala yang sama dan karena itu menurut Dokter Mark Loafman, ketua kedokteran keluarga dan komunitas di Cook County Health, sulit untuk membedakan keduanya.

"Gejala keduanya hampir sama. Anda akan merasakan demam tinggi, batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, beberapa kasus sesak napas. Itu sangat umum bagi flu dan Covid-19," ungkapnya.

Tapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memiliki beberapa daftar gejala pembeda yang bisa Anda jadikan patokan untuk menentukan itu flu atau Covid-19. Meskipun, untuk menentukan apakah seseorang terpapar Covid-19 harus melalui proses PCR dan pengetesan.

Gejala Covid-19

- Demam atau meriang

- Batuk

- Sesak napas atau susah bernapas

- Kelelahan

- Nyeri otot

- Sakit kepala

- Hilangnya kemampuan merasa dan mencium bau

- Sakit tenggorokan

- Hidung tersumbat

- Mual dan muntah

- Diare

Pilek

- Demam atau meriang

- Batuk

- Sakit tenggorokan

- Hidung meler atau tersumbat

- Nyeri otot

- Sakit kepala

- Kelelahan

- Beberapa orang mengalami diare dan muntah meskipun ini lebih sering pada anak-anak daripada orang dewasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini