Share

Luna Maya Lakukan Pembekuan Sel Telur, Kenali Risikonya Yuk!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 612 2535160 luna-maya-lakukan-pembekuan-sel-telur-kenali-risikonya-yuk-W2V2zJDgCG.jpg Luna Maya (Foto: Inst)

BELUM lama ini artis cantik Luna Maya mengaku telah melakukan prosedur pembekuan sel telur atau lebih dikenal dengan istilah egg freezing. Mantan kekasih Ariel 'Noah' tersebut memutuskan untuk melakukan hal tersebut, agar bisa memperoleh keturunan di masa depan.

Merangkum dari Mayo Clinic, Kamis (20/1/2022), egg freezing, juga dikenal sebagai mature oocyte cryopreservation. Ini adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di masa depan.

Luna Maya

Sel telur yang diambil dari ovarium perempuan, dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan dikemudian hari. Sel telur yang beku ini dapat dicairkan, dan dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di rahim (fertilisasi in vitro).

Meski demikian, proses egg freezing ini juga memiliki berbagai risiko. Beberapa diantaranya adalah:

1. Kondisi yang berhubungan dengan penggunaan obat kesuburan

Penggunaan obat kesuburan suntik, seperti hormon perangsang folikel sintetis atau hormon luteinizing untuk menginduksi ovulasi. Kondisi ini dapat menyebabkan ovarium menjadi bengkak dan nyeri segera setelah ovulasi atau pengambilan sel telur (ovarium hyperstimulation syndrome).

Tanda dan gejalanya seperti sakit perut, kembung, mual, muntah dan diare. Kemungkinan terburuknya adalah mengembangkan sindrom yang lebih parah dan dapat mengancam jiwa.

2. Komplikasi prosedur pengambilan sel telur

Penggunaan jarum untuk mengambil sel telur menyebabkan perdarahan, infeksi atau kerusakan pada usus, kandung kemih atau pembuluh darah.

3. Risiko emosional

Pembekuan sel telur dapat memberikan harapan untuk kehamilan di masa depan, tetapi tidak ada jaminan akan keberhasilannya sehingga bisa membuat sedih secara emosional.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini