Share

Leher Kaku Akibat Salah Posisi Tidur, Atasi dengan 4 Gerakan Yoga Berikut

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 612 2535350 leher-kaku-akibat-salah-posisi-tidur-atasi-dengan-4-gerakan-yoga-berikut-wv90lujNoC.jpg Leher kaku (Foto: Spine universe)

LEHER kaku dan sulit digerakan merupakan kondisi yang tidak nyaman. Apalagi jika sampai mempengaruhi aktivitas Anda yang sehari-hari.

Umumnya leher  kaku dan bermasalah disebabkan oleh stres atau posisi tidur yang salah. Saat leher Anda kaku, sulit untuk menggerakkan leher Anda, terutama saat Anda ingin memutar kepala ke samping. Ini juga dapat menyebabkan rasa sakit di leher, kepala, lengan atau bahu.

Namun tak perlu khawatir ada berbagai cara untuk mengatasi leher yang kaku dengan melakukan yoga seperti dilansir dari Hindustan times.

 leher kaku

1.Lakukan latihan peregangan

Lakukan latihan peregangan ecara teratur disekitaran leher. Hal ini dilakukan untuk memperkuat otot-otot sehingga dapat melepaskan kekakuan di leher yang sakit. Tidak hanya itu saja lakukan peregangan ini secara teratur juga dapat membantu memobilisasi bahu.

2. Lakukan gerakan sendi

Tips gerakan yoga kedua yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggerakan sendi. Geraka tersebut seperti lingkar bahu. Ada baiknya gerakan ini dilakukan secara rutin setiap pagi untuk meningkatkan mobilitas dan kelenturan pada bahu

3. Backbends

Melakukan gaya yoga Backbends seperti Cobra juga ternyata dapat membantu mengurangi peregangan leher yang kaku loh. Untuk melakukan peregangan inii, berbaringlah dalam posisi tengkurap dan letakkan telapak tangan di bawah tulang belikat. Angkat tubuh bagian atas dengan telapak tangan masih menyentuh tanah dan lihat ke atas. Tahan selama beberapa detik lalu turunkan tubuh Anda.

4. Peregangan leher

Gerakan yoga untuk mengurangi leher yang kaki, selanjutnya dengan melakukan peregangan leher. Anda dapat menekuk leher ke kedua sisi dan menahan beberapa napas sebelum berganti.

Lalu menekuk leher ke samping sambil mengambil sisi yang berlawanan di belakang punggung sangat membantu bagi kebanyakan orang dengan nyeri leher.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini