Share

Jadwal Penyebaran Omicron Bocor di Media Sosial, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 481 2535649 jadwal-penyebaran-omicron-bocor-di-media-sosial-ini-faktanya-ElZuOjycH4.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Pukmedia)

BARU-BARU ini beredar informasi di media sosial yang diklaim sebagai jadwal penyebaran Covid-19 varian Omicron lebih cepat dari Mei 2022. Terdapat dua tabel tersebut berisikan varian Covid-19 yang disertai dengan keterangan bulan dan tahun.

Dalam tabel pada varian Omicron, keterangan waktu yang sejajar diberi tanda garis merah. Alhasil data yang beredar tersebut dianggap sebagai jadwal penyebaran varian Omicron. Lantas apakah informasi yang beredar tersebut benar?

 omicron

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid-19, Jumat (21/1/2022), berdasarkan informasi dari Reuters.com, dokumen yang terkait Covid-19 itu tidak dikeluarkan oleh badan mana pun yang terdaftar.

Juru Bicara untuk World Economic Forum (WEF), WHO, serta Yayasan Bill dan Melinda Gates semuanya mengonfirmasi bahwa dokumen ini tidak terkait dengan organisasi mereka. Tidak ada bukti bahwa varian Covid-19 sedang dijadwalkan, seperti yang diklaim oleh unggahan.

 Baca juga: 4 Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Mampang

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dan terhasut dengan informasi yang beredar di masyarakat. Cek kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini