Share

Solusi Atasi Masalah Bau Badan dan Ketiak Hitam, Jadi Pede Lagi!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 611 2535440 solusi-atasi-masalah-bau-badan-dan-ketiak-hitam-jadi-pede-lagi-S5bLXsoAlh.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KULIT ketiak hitam dan bau badan bisa menjadi masalah tersendiri, salah satunya mengurangi rasa percaya diri alias nggak Pede. Lantas, bagaimana solusinya?ย 

Mempunyai ketiak yang bersih, terawat, dan mulus, menjadi dambaan banyak orang, terutama kaum hawa. Namun sayangnya, berbeda dengan kulit wajah yang kerap mendapat perhatian khusus dalam hal perawatan, kulit ketiak justru sebaliknya.

Ketiak

Padahal, kulit ketiak juga memerlukan perawatan khusus. Sebab, banyak hal yang tanpa disadari menyebabkan permasalahan pada ketiak. Mulai dari bau badan tak sedap hingga kulit ketiak yang menghitam.

โ€œKetiak itu merupakan area lipatan, tertutup dan sering bergesekan. Hal ini menyebabkan kulit ketiak rentan iritasi dan berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri, jamur dan organisme tertentu yang seringkali memunculkan masalah-masalah kulit,โ€ kata Dokter Spesialis Kulit dr Nessya Dwi Setyorini, SpDV di acara virtual Nivea Brightening Range 8 Superfood Deodorant, Kamis (20/1/2022).

Dia menjelaskan ada sejumlah hal yang mempengaruhi kesehatan di area kulit ketiak. Misalnya saja mulai dari banyaknya aktivitas, tingkat stres, beragam jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sampai dengan cara berbusana.

Bau Badan

Baca Juga : 5 Bahan Dapur yang Ternyata Ampuh Hilangkan Bau Ketiak

Ketiak yang tidak dirawat dengan baik, sambung dia, selain dapat menimbulkan bau badan, juga dapat terlihat kusam, menghitam, serta bertekstur kasar. Hal ini tentu dapat membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Baca Juga : Malu Bau Badan Tak Enak, Ini Cara Menguranginya

Demi menghindari ragam permasalahan kulit ketiak tersebut, dr Nessya memberikan sejumalah saran. Misalnya saja, mandi teratur sebanyak dua kali sehari dengan menggunakan sabun lalu pelembab setelahnya.

โ€œSelain mandi secara teratur, untuk mendapatkan kulit ketiak yang sehat terawat, disarankan juga untuk menghindari kebiasaan bercukur, memilih pakaian yang skin-friendly, dan menjaga keseimbangan pola makan,โ€ ujarnya.

Selain itu, disarankan juga menggunakan perawatan kulit berupa deodoran. Untuk pemilihannya pun perlu berhati-hati, agar tidak menggunakan deodoran yang bahannya tidak ramah terhadap kulit ketiak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini