Share

Tips Pilih Deodoran untuk Kulit Sensitif, Jangan Asal Wangi!

Novie Fauziah, Okezone · Sabtu 22 Januari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 611 2535930 tips-pilih-deodoran-untuk-kulit-sensitif-jangan-asal-wangi-6L7Cwu8fzL.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KETIAK setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, ini karena kulit di area tersebut lebih tipis. Untuk itu dalam menjaga dan merawatnya perlulah diperhatikan, khususnya dalam pemilihan deodoran yang tidak boleh sembarangan.

Dokter Spesialis Kulit, dr. Nessya Dwi Setyorini, SpDV mengatakan, ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif bukan hanya di area ketiak saja, namun di bagian kulit lainnya.

Terkhusus untuk ketiak, dianjurkan untuk berhati-hati dan lebih teliti dalam pemilihan deodoran. Ini karena setiap kandungan deodoran berbeda-beda, sehingga kemungkinan jika tidak cocok akan menimbulkan iritasi terhadap kulit apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Deodoran

"Sehingga menyebabkan kulit menjadi bentol atau kemerah-merahan," ujarnya dalam Peluncuran NIVEA Brightening Range 8 Superfood Deodorant, Kamis (20/01/22).

Menurut dr. Nesya, salah satu deodoran yang aman khususnya untuk kulit sensitif yaitu kandungan pengharum atau pewanginya tidak terlalu menyengat. Kandungan pengharum tersebut memang bisa mengatasi bau badan akibat keringat. Tapi perlu diingat, jika aromanya itu berlebihan maka lebih baik dihindari saja.

Baca Juga : 5 Kesalahan saat Pakai Deodoran Bikin Ketiak Bau hingga Iritasi

Selain itu, deodoran yang cocok untuk kulit sensitif adalah tidak mengandung alkohol yang berlebihan. Ini karena alkohol memiliki sifat iritan, bisa jadi membuat kulit ketiak Anda malah gatal atau terasa panas.

"Tangan saja kalau pakai hand sanitizer yang mengandung alkohol tinggi, lama kelamaan kulitnya akan kering. Apalagi di ketiak," terangnya.

Baca Juga : Apakah Deodoran Natural Cocok untuk Pria Aktif?

Lebih lanjut, deodoran yang baik adalah dapat memperbaiki skin barrier yakni lapisan terluar kulit atau stratum korneum. Kemudian mempunyai kandungan aloe vera yang bisa melembutkan kulit ketiak, serta mencegah iritasi.

Oleh karena itu, kata dr. Nessya, penting terlebih dahulu mengenali jenis kulit masing-masing. Jangan sampai saat Anda memilih deodoran untuk kulit sensitif, malah kurang tepat dan nantinya akan membuat kulit ketiak menjadi iritasi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini