Share

4 Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan, Apa Saja?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 298 2536187 4-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan-apa-saja-U5LhA6DdYg.jpg Labu siam (Foto: Epicurious)

LABU siam merupakan sayur yang menyehatkan karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Labu siam juga mengandung vitamin B, Kalium, dan vitamin C. Selain itu, sayur ini juga kaya mineral, antioksidan, dan fitokimianya yang tinggi.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan labu siam dilansir dari Stylecraze:

 labu siam

1. Mencegah batu ginjal

Labu siam kaya akan potasium. Penelitian telah membuktikan bahwa kalium menunjukkan sifat diuretik yang membantu menghilangkan cairan ekstra di ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal . Anda dapat memiliki jus labu siam atau sebagai potongan mentah dalam salad. Jus dari daun labu siam juga dapat membantu mengatasi batu ginjal.

2. Mengurangi kadar glukosa darah

Labu siam rendah kalori dan cocok untuk diet rendah gula . Dalam sebuah penelitian, labu siam ditemukan secara signifikan mengurangi kadar gula darah setelah dikonsumsi secara teratur.

Penelitian juga menyatakan bahwa jus labu siam, ketika diminum untuk program diet dapat secara signifikan mengelola kenaikan kadar glukosa darah.

3. Mengatasi Hipertensi

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa labu siam memiliki kalium dan alkaloid. Nutrisi ini dapat menunjukkan sifat diuretik yang dapat membantu ginjal menghilangkan kelebihan cairan dan garam dari tubuh. Efek ini dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian lain , jus labu siam ditemukan secara signifikan mengurangi hipertensi pada wanita hamil.

4. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang dinyatakan, potasium dan alkaloid dalam labu siam bersifat diuretik. Penelitian telah menunjukkan bahwa sifat diuretik ini dapat mengurangi hipertensi dan mencegah pengerasan dan pengapuran arteri. Ini mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Berdasarkan penelitian lain , pemberian jus labu siam dapat secara signifikan mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini