Share

Cara Mencegah Heatstroke yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 481 2536090 cara-mencegah-heatstroke-yang-perlu-anda-ketahui-simak-yuk-tzxrMPdxXd.jpg Heatstroke (Foto: Signaturecare emergency center)

HEATSTROKE merupakan kondisi ketika suhu tubuh inti seseorang panas dan mengalami kenaikan yang terlalu tinggi mencapai dari 104 F (40 C). Hal itu bisa disebabkan karena suhu dan kelembapan lingkungan yang tinggi mencegah tubuh mendinginkan dirinya sendiri melalui keringat dan pernapasan.

Sejumlah gejala heatstroke antara lain, pusing, sakit kepala, kulit memerah, dan mengering. Kemudian tak berkeringat walau suhu tubuh sedang tinggi. Mual, juga muntah.

Lalu bagaimana cara mencegah heatstroke?

Dilansir dari The Conversation, tanpa intervensi medis, heat stroke seringkali dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, berikut cara mencegah heatstroke.

 minum air putih

1. Tetap terhidrasi

Tentunya dalam kondisi cuaca terik yang lebih panas, maka Anda perlu dengan sigap meningkatkan asupan air Anda dan hindari minuman manis dan alkohol.

Jika dokter Anda membatasi asupan air harian Anda karena gagal jantung atau diagnosis lain, segera berkonsultasi dan tetap berkomunikasi dengan dokter specialis selama gelombang panas untuk menghindari komplikasi medis.

2. Luangkan waktu beristirahat

Hindari untuk melakukan olahraga khususnya pada siang hari. Alih-alih membakar lemak lebih cepat dan berkeringat lebih banyak, maka Anda berpotensi mengalami heat stroke yang berbahaya. Sebab cuaca panas dengan suhu tubuhmu akan semakin meningkat panasnnya. Baiknya lakukan olahraga di pagi subuh hari.

3. Buat lingkungan yang sejuk

Cara terakhir untuk mencegah terkena heatstroke yakni dengan membuat lingkungan yang sejuk. Anda bisa mengenakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat, menghindari waktu di bawah sinar matahari langsung, menyemprot diri sendiri dengan air dan duduk di dekat kipas angin. Atau cara paling praktis dengan menggunakan AC untuk mengatur suhu dan kelembaban yang baik.

 Baca juga: Lagi Berjemur, Pemuda Jepang Ini Ditemukan Meninggal

Hal itu dikarenakan bahwa AC menghasilkan udara yang lebih kering yang memungkinkan tubuh Anda untuk mendinginkan diri dengan lebih mudah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini