Share

Anak SD Disuntik Vaksin Kosong, Apa Bahayanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 481 2536133 anak-sd-disuntik-vaksin-kosong-apa-bahayanya-4jEmmz8vg8.jpg Vaksin (Foto: RACGP)

DOKTER Gita terbukti menyuntikkan vaksin kosong kepada salah seorang siswa SD di Medan, Sumatera Utara. Karena perbuatannya tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap membina Dokter Gita.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah menyuntikkan vaksin kosong berbahaya bagi kesehatan?

 Vaksin Covid-19

Dijelaskan Ketua IDI Medan dr Wijaya, penyuntikkan vaksin kosong tidak menyebabkan masalah yang fatal. Tindakan tersebut melanggar aturan tetapi tidak berisiko bahaya.

"Penyuntikkan vaksin kosong itu tidak berakibat fatal. Tidak berbahaya, karena tidak ada zat berbahaya yang dimasukkan ke tubuh," kata dr Wijaya pada awak media, belum lama ini.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman, pun menyatakan bahwa penyuntikkan vaksin kosong tidak berbahaya.

"Risikonya kecil sekali, sekalipun misalnya menyuntikkan udara," kata Dicky pada MNC Portal, Sabtu (22/1/2022).

Meski begitu, kejadian ini cukup ditanggapi serius oleh Dicky Budiman. Menurutnya, poin utama yang mestinya disorot adalah tindakan tidak memberikan perlindungan pada si anak karena menyuntikkan vaksin kosong.

Ya, anak SD tersebut tentu menjadi target pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan dari ancaman virus Covid-19. Tapi, dengan tindakan penyuntikkan vaksin kosong, artinya si anak tidak mendapat perlindungan dari vaksin.

"Bicara soal proteksi, si anak SD tersebut artinya tidak mendapatkan apa yang diharapkan. Kalau vaksin tidak diberikan ke si anak, ini bahaya sekali di situasi pandemi seperti sekarang," tegasnya.

Di kesempatan terpisah, Dokter Gita menyampaikan permintaan maaf dan mengaku khilaf atas perbuatannya yang merugikan. "Kepada masyarakat, IDI Medan, dan Polri, saya memohon maaf atas kekhilafan yang saya lakukan," katanya.

 Baca juga: 4 Tahun Tak Bisa Bicara dan Berjalan, Pria Ini Sembuh Usai Divaksin Covid-19

Dokter Gita sendiri merupakan dokter umum di salah satu rumah sakit swasta di Kota Medan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini