Share

Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

Antara, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 612 2536175 tips-menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-covid-19-fZNAPtEw00.jpg Cemas (Foto: Victory bay recovery center)

MENJAGA kesehatan mental di tengah pandemi sangat diperlukan. Jangan sampai tenggelam dalam kesedihan, apalagi depresi.

Psikolog Klinis Dewasa, Nago Tejena, M.Psi mengatakan, kesehatan mental bisa dipelihara misalnya dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan dan masih banyak lagi.

Berikut tips menjaga kesehatan mental menurut Psikolog Klinis Dewasa, Nago:

 main medsos

1. Kurangi penggunaan media sosial

Menurut Nago, terlalu sering membuka media sosial bisa membuat kita menjadi mudah cemas karena informasi yang masuk berlebih dan di luar batas kemampuan kita untuk mengendalikannya.

Nago menyarankan, “Saat membuka media sosial atau internet, mencari berita itu memang perlu. Namun, jangan lupa juga untuk mencari hal-hal lain yang lebih menyenangkan, menghibur atau menginspirasi agar suasana hati lebih tenang.”

2. Memasak Bersama Keluarga

Hobi memasak semakin digemari masyarakat di tengah pandemi. “Fungsi memasak bukan cuma untuk sebagai hiburan atau pengalihan. Memasak bisa membantu kita untuk tetap produktif, sehingga tidak hanya pasif lantaran dipaksa pandemi,” ujar Nago.

3. Percantik halaman dengan berkebun

Selain menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi.

“Berkebun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mental kita. Kita bisa melatih konsentrasi, menata dengan mindful, serta kembali terkoneksi dengan alam yang mungkin selama ini kita tinggalkan,” jelas Nago.

4. Melakukan olahraga di rumah

Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

 Baca juga: Komunitas Peduli Kesehatan Mental Ajak Masyarakat untuk Ikut Lari

5. Bila rasa cemas berlarut, cari bantuan profesional

Menurut Nago, gangguan kecemasan berlebih yang telah mengganggu pola hidup atau membuat selalu gelisah menjadi tanda seseorang perlu bantuan profesional.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini