Share

Pentingnya Upaya BPOM Melindungi Kesehatan Masyarakat

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 612 2536196 pentingnya-upaya-bpom-melindungi-kesehatan-masyarakat-zOYHvoT0Ba.jpg Kesehatan masyarakat (Foto: Jagwire)

DEMI kesehatan masyarakat, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)terus menggulirkan rancangan kebijakan pelabelan risiko bahan kimia Bisfenol-A (BPA) wajib dipatuhi.

Apalagi kandungan BPA dalam kemasan air minum dapat menimbulkan resiko kesehatan jangka panjang.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan, rancangan peraturan label BPA masih dalam proses harmonisasi di level pemerintahan. Dia menekankan, kebijakan pelabelan BPA tidak asal-asalan.

 pentingnya menjaga kesehatan masyarakat

Menurut Penny, rancangan pelabelan BPA, tepatnya revisi Peraturan BPOM Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan telah dipersiapkan sejak 2019 dan melalui serangkaian proses konsultasi publik, termasuk dengan kalangah ahli serta kajian atas perubahan standar pelabelan kemasan.

Ia menambahkan, data sains mutakhir menunjukkan resiko BPA adalah sesuatu yang nyata sehingga perlu ada perbaikan standar pengawasan serta pengaturan pelabelan untuk memberi informasi yang akurat yang merupakan hak setiap konsumen

"Pelabelan BPA sudah dilakukan di banyak negara lain," katanya.

Ia mengajak industri ikut memikul tanggung jawab melindungi masyarakat karena ada risiko BPA yang terkait dengan aspek kesehatan manusia, termasuk fertility wanita, dan hal-hal lainnya.

FMCG Insights, sebuah lembaga riset produk konsumen turut mendukung upaya BPOM melindungi kesehatan masyarakat.

Direktur Eksekutif FMCG Insights Achmad Haris mengatakan, tekat BPOM menggulirkan inisiatif pelabelan BPA menunjukkan komitmen lembaga sebagai otoritas keamanan pangan yang mengedepankan kesehatan publik.

 Baca juga: BPOM Ingatkan 3 Bahaya Obat Setelan, Apa Saja?

"Kepala BPOM bertujuan melindungi masyarakat," ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini