Share

Bantu Pelihara Otot, Kenali 4 Manfaat Daging Babi bagi Kesehatan

Hasyim Ashari, MNC Portal · Minggu 23 Januari 2022 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 298 2536534 bantu-pelihara-otot-kenali-4-manfaat-daging-babi-bagi-kesehatan-vlu4HcEsQF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DAGING babi memang lazim banyak di gunakan di beberapa daerah seperti Korea dan India. Produk olahannya pun sangat beragam mulai dari Ham, Bacon, Gulai,babi guling,sop babi, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, daging babi sering kali dituduh menjadi penyebab masalah pada kesehatan. Padahal bila dimakan dengan tepat, makanan ini cukup menyehatkan tubuh kita lho.

Daging babi merupakan sumber vitamin dan mineral penting seperti selenium, fosfor, dan tiamin. Potongan daging babi sebenarnya lebih kaya tiamin daripada daging sapi atau domba. Daging babi juga memiliki sejumlah besar vitamin B, Vitamin B6 dan B12 sangat penting untuk pembentukan sel darah dan fungsi otak

Berikut 4 Manfaat daging babi bagi kesehatan seperti dilansir dari Stylecraze:

Daging

Dapat membantu pemeliharaan otot

Protein berkualitas tinggi dalam daging babi mengandung asam amino esensial yang bertindak sebagai bahan pembangun otot baru.

Dengan bertambahnya usia, terutama setelah 50 tahun, terjadi penurunan dan degenerasi massa otot, suatu kondisi yang dikenal sebagai sarcopenia. Asupan protein babi berkualitas tinggi bersama dengan gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat atau membalikkan efek sarkopenia.

Dapat meningkatkan kebugaran fisik dan otot

Protein babi membantu regenerasi massa otot baru dan membantu menjaga dan meningkatkan kinerja otot yang sehat. Daging babi kaya akan senyawa protein beta-alanin carnosine yang membantu menurunkan kelelahan dan meningkatkan kebugaran fisik.

Dapat merangsang pertumbuhan sel dan cegah depresi

Daging babi kaya akan vitamin B, thiamin, niacin, riboflavin, vitamin B12 , dan B6. Vitamin B ini membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Mereka sangat penting untuk otak dan sistem saraf untuk membantu membuat DNA, hormon, dan sel darah merah.

Kekurangan vitamin B juga telah terbukti menyebabkan kecemasan, depresi, dan jenis penyakit mental lainnya . Vitamin B12 khususnya telah ditemukan memainkan peran penting dalam membantu mencegah depresi.

Dapat membantu menurunkan berat badan

Daging babi kaya akan protein dan tidak mengandung gula atau karbohidrat sehingga cocok untuk diet penurunan berat badan rendah karbohidrat seperti diet Ketogenik. Selain itu, konsumsi daging babi tanpa lemak secara teratur terbukti memiliki efek yang menjanjikan dalam pengurangan lemak dan penurunan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini