Share

WHO Soroti Kasus Omicron di Indonesia, DKI Jakarta Harus Waspada

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 481 2536363 who-soroti-kasus-omicron-di-indonesia-dki-jakarta-mengkhawatirkan-BQkWmPUNQt.jpg WHO Soroti kasus omicron di Indonesia menghkawatirkan, khusus di DKI Jakarta (foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan laporan teranyarnya soal situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Data DKI Jakarta menjadi sorotan utama.

Secara umum, laporan WHO per 19 Januari 2022 menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 Indonesia masih dalam status terkendali dengan tingkat transmisi komunitas yang rendah (CT1).

Tetapi, WHO memperingatkan Indonesia maupun negara lainnya untuk mewaspadai penyebaran Omicron yang ternyata jadi sumber utama peningkatan kasus di banyak negara.

Baca Juga:  Penularan Omicron Cepat, Epidemiolog Minta Masyarakat Jangan Abai

Sebagai antisipasi, WHO menyarankan agar meningkatkan upaya pengawasan dan pengujian, percepatan vaksinasi khususnya bagi kelompok rentan, dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk membatasi perjalanan Internasional.

Lantas, seperti apa data kasus Covid-19 DKI Jakarta yang disorot WHO?

Data yang dilihat MNC Portal di laman WHO memperlihatkan kenaikan kasus sangat tajam di DKI Jakarta. Meski begitu, status bar yang terlihat berwarna hijau.

Baca Juga:  Rawat 1.186 Pasien, Indonesia Jadi Negara dengan Kasus Omicron Terbanyak di Asia Tenggara

Artinya, tingkat penularan virus di masyarakat rendah (CT1) dalam seminggu terakhir, terhitung sejak 10 hingga 16 Januari 2022.

"Berdasarkan pedoman sementara WHO, grafik ini berarti risiko infeksi Covid-19 rendah untuk populasi umum dan insiden kasus yang didapat secara lokal dan tersebar luas, terdeteksi dalam 14 hari terakhir," terang WHO.

Kasus kematian pun tercatat rendah (CT1) dengan kurang dari 1 kasus kematian per 100.000 populasi. Bali menjadi provinsi dengan kasus kematian tertinggi berdasar data 10-16 Januari 2022.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini