Share

Mengenal Metode Ibu Pengganti seperti Priyanka Chopra untuk Punya Anak Pertama

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 481 2536595 mengenal-metode-ibu-pengganti-seperti-priyanka-chopra-untuk-punya-anak-pertama-xVRQTdHYQJ.jpg Priyanka Chopra dan Nick Jonas (Foto: Foxnews)

PRIYANKA Chopra dan Nick Jonas kini tengah berbahagia. Pasalnya, pasangan yang menikah pada 1 Desember 2018 itu telah dikaruniai anak yang lahir melalui metode surrogate mother alias ibu pengganti atau rahim pengganti.

“Kami sangat gembira untuk mengonfirmasi bahwa kami telah menyambut bayi melalui ibu pengganti. Kami dengan hormat meminta privasi selama waktu khusus ini karena kami akan fokus pada keluarga. Terima kasih banyak," tulis Priyanka Chopra dikutip dari Hindustantimes, Sabtu (22/1/2022).

Priyanka Chopra

Kelahiran anak pertama Jonas dan Chopra ini tentunya sangat menarik perhatian karena terjadi melalui proses surrogate atau surogasi. Ditambah, masih banyak orang yang masih belum mengetahui metode persalinan ini.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan metode surogasi?

Melansir situs news18, Minggu (23/1/2022), metode surrogate atau surogasi adalah jenis kehamilan di mana seorang wanita mengandung dan melahirkan bayi untuk wanita lain. Dengan kata lain, mereka 'menitipkan' anak di dalam rahim wanita lain.

Baca Juga : Priyanka Chopra dan Nick Jonas Sambut Kelahiran Anak Pertama via Surogasi

Surogasi melibatkan pembuahan sel telur seorang wanita dengan sperma dari pendonor sperma atau calon ayah melalui prosedur medis untuk membuat embrio. Nantinya, embrio itu akan ditanamkan di rahim ibu pengganti yang akhirnya akan melahirkan sang bayi. Metode ini bisa membantu para orang tua yang ingin memiliki bayi namun tak bisa hamil karena suatu hal.

Baca Juga : 5 Potret Seksi Priyanka Chopra yang Diisukan Selingkuh dengan Shah Rukh Khan

Nah, metode surrogate sendiri memiliki dua jenis yang dikenal di dunia, yaitu traditional surrogate dan gestational surrogates. Dalam metode traditional surrogate, ibu pengganti dianggap sebagai ibu kandung bayi karena sel telurnya yang dibuahi. Sang ibu pengganti akan mendapat inseminasi buatan dengan sperma ayah, kemudian akan melahirkan bayi yang akan diasuh oleh orang tua sahnya.

Sementara dalam metode gestational surrogates, ibu pengganti tidak memiliki hubungan biologis dengan bayi karena telur dan sperma keduanya berasal dari orang tua yang sah. Teknik ini melibatkan pengumpulan sel telur dari ibu yang akan dibuahi oleh sperma dari sang ayah, sebelum menempatkan embrio ke dalam rahim ibu pengganti.

Melahirkan bayi melalui metode surrogate ini melibatkan proses hukum seperti yang dinyatakan oleh pemerintah. Orang tua sah dan ibu pengganti diharuskan menandatangani perjanjian untuk menghindari masalah di masa depan yang berkaitan dengan hak-hak hukum anak.

Metode memiliki bayi surrogate mother ini telah berkembang pesat di seluruh dunia karena semakin banyak orang tua yang mulai memilihnya. Bahkan selebriti seperti Shilpa Shetty dan Shah Rukh Khan pun telah menggunakan metode ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini