Share

7 Manfaat Ajaib Cokelat Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 612 2536445 7-manfaat-ajaib-cokelat-hitam-bagi-kesehatan-tubuh-KKAEJEYLZ6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

COKELAT memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hanya saja cokelat yang diberi pemanis memang lebih baik dihindari karena malah membuat berbagai komplikasi penyakit.

Nah, salah satu ceokelat yang baik untuk dikonsumsi adalah cokelat hitam. Cokelat ini pun digadang-gadang tidak hanya enak untuk dikonsumsi.

Akan tetapi dark coklat sangat baik untuk dikonsumsi bagi tubuh. Hal itu dsebabkan karena coklat hitam kaya akan sarat dengan nutrisi yang dapat berdampak positif bagi kesehatan Anda.

Terbuat dari biji pohon kakao, coklat hitam juga merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat Anda temukan. Oleh sebab itu gabungkan coklat hitam kedalam konsumsi Anda dalam memenuhi aktivitas sehari-hari

Berikut ini terdapat 5 manfaat kesehatan yang dilansir dari Healthline, dari dark chocolate bagi kesehatan tubuh Anda

Cokelat Hitam

Gizi tinggi

Mengkonsumsi coklat hitam setiap hari nyatanya sangat bergizi untuk tubuh loh. Hal ini disebabkan karena coklat hitam mengandung serat larut dan mineral dalam jumlah yang layak. Jika disebutkan Cokelat hitam berkualitas kaya akan serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan beberapa mineral lainnya.

Sumber antioksidan yang kuat

ORAC adalah singkatan dari kapasitas absorbansi radikal oksigen. Ini adalah ukuran aktivitas antioksidan makanan. Pada dasarnya, peneliti menetapkan bahwa biji kakao mentah yang belum diproses adalah salah satu makanan dengan skor tertinggi yang telah diuji. Kakao dan cokelat hitam memiliki berbagai macam antioksidan kuat. Bahkan kandungannya memiliki jauh lebih banyak daripada kebanyakan makanan lainnya.

Menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk menghasilkan oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO yakni sebagai pengirim sinyal ke arteri untuk memunculkan rasa rileks serta menurunkan resistensi aliran darah. Oleh karenanya coklat hitam juga dapat mengurangi tekanan darah.

Banyak penelitian terkontrol menunjukkan bahwa kakao dan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya biasanya ringan

Hal itu dikarenakan bahwa terdapat senyawa bioaktif dalam kakao dapat meningkatkan aliran darah di arteri dan menyebabkan penurunan tekanan darah yang kecil namun signifikan secara statistik.

Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi

Dalam sebuah penelitian, bubuk kakao secara signifikan disimpulkan bahwa memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol LDL (jahat) teroksidasi pada pria. Coklat hitam ini juga disinyalir meningkatkan HDL dan menurunkan total LDL bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi

Cokelat hitam meningkatkan beberapa faktor risiko penting untuk penyakit. Ini menurunkan kerentanan LDL terhadap kerusakan oksidatif sambil meningkatkan HDL dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Senyawa yang dimiliki dari coklat hitam sangat protektif terhadap oksidasi LDL. Dalam jangka panjang, ini akan menyebabkan lebih sedikit kolesterol yang menempel di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahkan, beberapa studi observasional jangka panjang menunjukkan peningkatan yang cukup drastis. Dalam sebuah penelitian terhadap 470 pria yang lebih tua, kakao ditemukan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50% selama 15 tahun.

Studi lain juga mengungkapkan bahwa makan cokelat dua kali atau lebih per minggu menurunkan risiko plak kalsifikasi di arteri sebesar 32%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini