Share

Omicron Semakin Banyak, Begini 5 Tips Tingkatkan Kapasitas Paru-Paru

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 612 2536521 omicron-semakin-banyak-begini-5-tips-tingkatkan-kapasitas-paru-paru-65se1CjBVh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KITA mungkin masih ingat kisah Youtuber Deddy Corbuzier yang mengisahkan saat dirinya terpapar Covid-19? Kala itu, dia terpapar varian Delta dan baru-barunya pun mengalami kerusakan parah.

Menurut Dokter Gunawan, salah satu dokter yang menangani Deddy saat terpapar Covid-19, dia bisa selamat karena selama ini rajin berolahraga. Pasalnya, ketika paru-paru rusak maka oksigen yang mengalir ke tubuh pun akan menurun, sehingga menyebabkan saturasi oksigen berada di bawah ambang batas.

Secara sederhana, kapasitas paru-paru adalah volume udara yang dapat disimpan oleh sepasang paru-paru. Rata-rata, orang dewasa yang sehat, kapasitas ini adalah 6 liter. Kapasitas paru-paru cenderung meningkat antara 20 hingga 35 tahun tetapi mulai memburuk setelah usia 35 tahun.

Penurunan ini juga dapat disebabkan karena penyakit yang mendasari, gaya hidup, faktor lingkungan, dll. Sebisa mungkin kapasitas paru-paru untuk penurunan, seseorang dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan hal yang sama juga. Melansir laman Times Now News, berikut adalah 5 cara di mana Anda dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

Olahraga

Anda pasti pernah mendengar tentang manfaat melakukan latihan fisik secara teratur untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tapi tahukah Anda bahwa berolahraga juga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda?

Menjalani latihan HIIT sering membuat kita terengah-engah. Namun, melakukan latihan yang sama dalam rutinitas yang konsisten dapat mengurangi beban pernapasan kita. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kapasitas paru-paru yang merupakan hasil dari kemampuan beradaptasi dan peningkatan otot-otot paru-paru.

Makan sehat

Tidak dapat disangkal bahwa makanan memainkan peran penting dalam mengatur kesehatan. Ketika mencari cara untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, salah satu langkah utama harus melibatkan peningkatan kesehatan secara keseluruhan. Infeksi seperti pneumonia dapat berdampak dramatis pada kesehatan paru-paru.

Selain obat-obatan, kekebalan yang kuat adalah cara untuk menyembuhkan dan mengurangi kerusakan. Kekebalan ini hanya dapat dicapai melalui pola makan yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang seimbang dapat membantu menyediakan tubuh dengan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan, kesehatan otot, kesehatan tulang, dan lainnya yang dapat berkontribusi terhadap kapasitas paru-paru yang lebih baik.

Berhenti merokok

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa merokok adalah musuh terburuk paru-paru. Baik itu langsung atau pasif, merokok dapat menyebabkan kerusakan besar pada paru-paru dan mengurangi kapasitasnya dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin memiliki paru-paru yang sehat dan berkembang, berhentilah merokok.

Perbaiki postur Anda

Postur tubuh Anda dapat berdampak signifikan pada kapasitas paru-paru Anda. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana membungkuk dapat membuat lebih banyak tekanan pada pernapasan Anda? Ketegangan ini disebabkan karena postur tubuh yang buruk yang dapat berdampak pada otot-otot yang terlibat dalam pernapasan. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan berolahraga, berlatih teknik koreksi postur, dan lainnnya.

Latihan teknik pernapasan

Teknik pernapasan adalah latihan untuk paru-paru. Ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu pernapasan tanpa menghadapi masalah. Anda dapat meningkatkan kesehatan paru-paru Anda melalui latihan pernapasan yang efektif ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini