Share

Usai Omicron Menggila, WHO Prediksi Pandemi Covid-19 Segera Berakhir di Eropa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2536750 usai-omicron-menggila-who-prediksi-pandemi-covid-19-segera-berakhir-di-eropa-S0QKLlH4Mo.jpeg WHO prediksi pandemi Covid-19 segera berakhir di Eropa (Foto: Independent)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi pandemi Covid-19 berakhir sejalan dengan selesainya fase penyebaran Omicron, setidaknya di Eropa.

Hal ini disampaikan Direktur WHO Eropa Hans Kluge bahwa Omicron diprediksi jadi babak akhir pandemi Covid-19.

WHO

"Setelah gelombang Omicron yang melanda Eropa saat ini mereda, akan ada beberapa minggu dan bulan kekebalan global, baik karena vaksinasi atau infeksi alami," kata Kluge dikutip MNC Portal dari France24, Senin (24/1/2022).

"Jadi, setelah omicron, akan ada fase tenang, apakah akan ada pandemi lagi abis itu? belum tentu," sambungnya. 

Baca Juga : WHO Peringatkan Jangan Anggap Enteng Omicron, Kenapa?

Baca Juga : 6 Fakta Meninggalnya 2 Pasien Omicron di Indonesia

Ilmuwan Amerika Serikat Anthony Fauci menyatakan optimisme serupa belum lama ini. Prediksinya dilandaskan oleh kasus Covid-19 yang menurun drastis di beberapa negara bagian.

"Segalanya terlihat membaik," kata Fauci. Meski begitu, dia meminta kepada semua pihak untuk tidak terlalu percaya diri dan mengabaikan protokol kesehatan yang sudah baik sejauh ini.

"Setelah semua ini, saya cukup yakin Anda akan mulai melihat perubahan yang baik di seluruh negeri," terangnya.

Afrika pun melaporkan hal serupa. Kantor WHO Afrika mencatat bahwa kasus Covid-19 di wilayah tersebut telah turun drastis dan kematian pun angkanya sangat kecil untuk pertama kalinya sejak gelombang keempat yang didominasi Omicron.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini