Share

Pakar Kesehatan: Belum Ada Vaksin Covid-19 yang Sebabkan Orang Meninggal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2536752 pakar-kesehatan-belum-ada-vaksin-covid-19-yang-sebabkan-orang-meninggal-ahMt7F5Oo8.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Medical news today)

BELUM lama ini beredar informasi bahwa seorang siswa kelas 6 SD di salah satu sekolah Sukabumi dikabarkan meninggal dunia usai melakukan vaksinasi di sekolahnya pada Jumat 21 Januari 2022. Dikatakan siswa tersebut sempat mengalami demam sebelum meninggal.

Terkait hal tersebut, Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mengatakan, hingga saat ini belum ada yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan seseorang meninggal di seluruh dunia.

 Vaksin Covid-19

"Kalau betul-betul terbukti vaksin pada anak menyebabkan meninggal, itu pasti distop, diinvestigasi benar-benar. Belum ada vaksin Covid-19 yang benar-benar terbukti menyebabkan meninggal," kata dr. Fajri ketika dihubungi.

Lebih lanjut dr. Fajri juga menjelaskan bahwa para peneliti terus mengawasi kinerja dan efek samping pada vaksin. Ia pun memberikan contoh salah satu vaksin yang pernah ada, namun menimbulkan efek samping berbahaya. Alhasil vaksin tersebut langsung distop penggunaannya.

 Baca juga: WHO Rekomendasikan Dosis Vaksin Pfizer Dikurangi untuk Anak di Bawah 12 Tahun

"Dulu ada vaksin Dengue (Respiratory Syncytial Virus (RSV), itu di stop karena berbahaya. Sebab menimbulkan imunopatologi namanya," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini