Share

Menkes Sebut 2 Minggu ke Depan Kasus Omicron di Jakarta Akan Meningkat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2536809 menkes-sebut-2-minggu-ke-depan-kasus-omicron-di-jakarta-akan-meningkat-iKJ6GnMLSr.jpg Varian Omicron (Foto: Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, dua sampai tiga minggu ke depan, kasus Omicron akan meningkat di DKI Jakarta dan Bodetabek.

"Paling banyak nanti kasus Omicron ada di DKI Jakarta dan Bodetabek pada 2 sampai 3 minggu ke depan," papar Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

 Menkes

Dengan status tersebut, Kementerian Kesehatan berupaya untuk mempercepat pemberian vaksin untuk lansia, baik itu vaksin dosis pertama, kedua, maupun vaksin booster.

Tidak hanya itu, vaksin anak-anak pun akan dipercepat mengantisipasi lonjakan Omicron 2-3 minggu ke depan.

"Kami akan lakukan percepatan vaksinasi, khususnya untuk lansia yang merupakan kelompok rawan dan juga anak-anak sebagai sumber penularan," kata Menkes Budi.

Di sisi lain, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan agar lansia segera mendapatkan vaksin Covid-19, baik itu dosis pertama, kedua, dan booster, mengingat mereka sangat rawan mengalami kondisi berat bahkan kematian akibat Covid-19.

 Baca juga: Gawat! Kasus Omicron di Tanah Air Terus Naik Menjadi 1.396 Orang

"Saat ini vaksinasi lansia kurang lebih baru 30-40%, padahal mereka rawan. Vaksin booster saja masih kecil sekali angkanya. Untuk itu percepatan vaksinasi lansia perlu dilakukan karena kalau tidak mereka akan jadi korban berikutnya," terang Dicky.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini