Share

Jangan Remehkan Omicron, Menkes: Tetap Waspada dan Jangan Panik!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2536821 jangan-remehkan-omicron-menkes-tetap-waspada-dan-jangan-panik-DDnyMqOTUj.jpg Varian Omicron (Foto: Femme actuelle)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa jangan anggap enteng Omicron.

"Kita tidak boleh anggap enteng Omicron. Sekali lagi, kami tidak tahu juga apakah (varian) ini bisa menimbulkan kematian. Bisa menimbulkan kematian banyak kalau rumah sakitnya penuh," papar Luhut di konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

 Menkes

Tapi, kesiapan rumah sakit dan obat-obatan, kata Luhut, saat ini ketersediaannya lebih dari cukup. Soal obat misalnya, Indonesia saat ini sudah kantongi 2 obat Omicron yaitu dari Merk dan Pfizer.

"Jadi, persiapan kita menangani Omicron ini jauh lebih baik dibandingkan penanganan Delta yang lalu," tambahnya.

Meski tidak boleh diremehkan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, masyarakat tetap tidak boleh panik. Di sisi lain, ia meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada.

"Jangan panik, tapi tetap harus waspada dan hati-hati karena penyebaran Omicron sedang tinggi saat ini," papar Menkes Budi.

Ia menambahkan, data yang dimiliki saat ini mengungkapkan bahwa kenaikan kasus memang cepat sekali dan bisa tinggi, tetapi itu bisa turun cepat dan tidak menimbulkan keparahan yang berarti.

 Baca juga: Gawat! Kasus Omicron di Tanah Air Terus Naik Menjadi 1.396 Orang

"Kasusnya memang naik cepat, tapi tidak lebih tinggi dari serangan Delta. Lalu, Omicron ini juga kasusnya cepat turun dan angka keterisian rumah sakit pun rendah," ungkap Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini