Share

Begini Persiapan Pemerintah Hadapi Lonjakan Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2536839 begini-persiapan-pemerintah-hadapi-lonjakan-covid-19-LejIVOlPSF.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Business standard)

PEMERINTAH mulai mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 sejak beberapa minggu terakhir. Hal ini disebabkan oleh masuknya varian Omicron ke Indonesia.

Saat ini varian Omicron mengakibatkan ruang isolasi Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet mulai terisi.

 wisma atlet

Oleh sebab itu pemerintah melakukan upaya preventif untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi bakal memuncak pada 2-3 minggu ke depan. Berkaca dari tahun sebelumnya, pemerintah berupaya melakukan penguatan di sisi fasilitas pelayanan kesehatan berikut dengan semua alat penunjangnya.

“Mengenai rumah sakit, kita telah siap. Saat ini telah tersedia 80 ribu bed, dan sudah terisi 5 ribu bed, sehingga masih ada room dan itu bisa ditingkatkan lagi menjadi 150 ribu bed,” kata Menkes Budi, dalam Siaran Pers Evaluasi PPKM, Senin (24/1/2022).

Selain itu pemerintah Indonesia juga telah menyiapkan semua obat-obatan untuk pengobatan pasien Covid-19. Sebelumnya pemerintah telah mengamankan 400 ribu tablet Molnupiravir dan juga akan mendatangkan Paxlovid yang merupakan obat antivirus buatan Pfizer dalam waktu dekat.

 Baca juga: Omicron Meledak, Luhut: Masih Terkendali, Namun Tak Perlu Jumawa!

“Oksigen, obat-obatan, dan tenaga kesehatan juga telah kami siapkan, dan mudah-mudahan ini tidak dibutuhkan karena yang masuk rumah sakit akan jauh lebih rendah,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini