Share

5 Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Bantu Diet!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 481 2537068 5-manfaat-semangka-kuning-untuk-kesehatan-turunkan-kolesterol-hingga-bantu-diet-gPqGZ3sHOV.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEMANGKA kuning serupa namun tak sama dengan semangka merah. Jika dilihat bentuk, ukuran dan tampilan luarnya, semangka kuning tidak memiliki ciri khusus yang membedakan dengan semangka biasa.

Jika warna daging buahnya kuning, apakah kandungan dan manfaatnya sama seperti semangka merah? Untuk itu, berikut 5 manfaat semangka kuning dikutip dari Stylecraze:

1. Kurangi risiko penyakit kronis (jantung, diabetes, kanker dan obesitas)

Semangka Kuning

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka kuning dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit terkait usia lainnya. Karena dalam buah semangka kuning mengandung nutrisi penting yaity fitokimia seperti likopen, citrulline, dan senyawa polifenol lainnya.

Baca Juga : 5 Alasan Ibu Hamil Perlu Rajin Makan Semangka

2. Bantu turunkan berat badan

Mengonsumsi semangka kuning juga ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah semangka kuning mengandung L-citrulline (asam amino non-esensial). Nutrisi tersebut juga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan pada individu.

Baca Juga : Rasulullah Sangat Suka Makan Buah Semangka, Ternyata Ini Alasannya

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan

Dibandingkan dengan semangka merah, semangka kuning mengandung vitamin C yang tinggi, karena itulah manfaat buah semangka kuning yang dipercaya dapat mencegah sariawan lebih baik dibandingkan dengan semangka merah.

Tingginya kandungan vitamin C di dalam semangka kuning juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Turunkan kolesterol

Semangka Kuning

Seorang ahli gizi bernama Jay Cowin mengatakan bahwa kandungan nutrisi dalam buah semangka kuning telah terbukti berkhasiat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

Tak hanya itu, semangka kuning juga dapat mengurangi peradangan pada pasien penyakit jantung atau kardiovaskular.

5. Turunkan tekanan darah

Tak hanya berkhasiat menurunkan kolesterol, tetapi buah semangka kuning juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, dalam buah semangka kuning terdapat kandungan antioksidan, fitokimia, dan mineral seperti potasium yang penting bagi tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini