Share

4 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Darurat Kolesterol

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 612 2536999 4-bahan-alami-yang-bisa-jadi-obat-darurat-kolesterol-2gGpULbaTa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STROKE menjadi penyakit paling banyak kedua setelah hipertensi yang ada di Indonesia. Stroke pun bisa terjadi lantaran kolesterol tinggi yang menyebabkan zat lemak dalam aliran darah. 

Selain stroke, kolesterol pun juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, dan dapat membunuh tanpa disertai gejala yang parah. Oleh sebab itu seseorang harus menjaga kadar kolesterol agar tetap terkontrol dengan baik.  

Saat ini ada dua jenis kolesterol, yakni low-density lipoprotein (LDL), juga disebut kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL), juga disebut kolesterol baik. Seseorang bisa berisiko tinggi kolesterol LDL jika kelebihan berat badan atau tidak cukup berolahraga. Selain itu kolesterol tinggi juga bisa muncul akibat faktor turunan. 

Kolesterol pun bisa diturunkan dengan berbagai obat, tapi jika tidak mau mengonsumsi obat, ada beberapa herbal alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Merangkum dari Health Line, berikut daftar herbal yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Kolesterol

Bawang putih 

Kemampuan penurun kolesterol bawang putih masih belum jelas. Ini bisa membantu mencegah penyakit jantung, tetapi meta-analisis pada 2009 dari studi medis menyimpulkan bahwa bawang putih tidak mengurangi kolesterol secara khusus. 

Bawang putih dianggap memiliki manfaat kesehatan lain seperti menurunkan tekanan darah.  

Flaxseed 

Flakseed adalah bunga biru yang tumbuh di daerah beriklim sedang. Baik bijinya maupun minyaknya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. 

Lemak omega 3 itu memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. Untuk mendapatkan peningkatan kesehatan terbesar dari biji rami, gunakan minyaknya atau memakannya. 

Jahe 

Satu studi pada 2014 menunjukkan jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida, sementara sebuah penelitian dari tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. 

Seseorang bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, atau meminumnya dalam bentuk suplemen atau bubuk. 

Kacang kedelai 

Kacang kedelai dan aneka makanan yang dibuat dengan bahan baku tersebut dapat menurunkan kolesterol LDL. Tahu, susu kedelai, dan kacang kedelai kukus adalah sumber protein tanpa lemak yang baik. 

Dengan mengonsumsinya sebagai pengganti makanan berlemak seperti daging sapi untuk mengurangi kolesterol dalam makanan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini