Share

Belum Punya Tim Berpengalaman, Alasan Utama Pembuatan Vaksin Merah Putih Terhambat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 612 2537105 belum-punya-tim-berpengalaman-alasan-utama-pembuatan-vaksin-merah-putih-terhambat-vrcNoCrpkR.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

INDONESIA sampai saat ini memang mengandalkan vaksin dari berbagai negara, lantaran masih belum dapat menciptakan vaksin Covid-19 sendiri. Padahal, kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko menjelaskan, saat ini vaksin Merah Putih masih dalam penelitian. Menurutnya proses penelitian vaksin ini masih difasilitasi oleh Kemenristek BRIN dan terdiri dari 7 tim.

Dia menjelaskan, 7 tim yang melakukan riset dan penelitian yaitu tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Tim dari Universitas Indonesia (UI), Tim LBM Eijkman, Tim Universitas Padjajaran, Tim LIPI, dan Tim Universitas Airlangga.

Sepanjang melakukan riset dan penelitian vaksin Merah Putih, beberapa periset memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah dalam pengembangan vaksin Merah Putih. Faktor SDM menjadi penyebab utama dalam masalah penelitian.

"Di Indonesia adalah belum memiliki tim yang berpengalaman dalam mengembangkan vaksin," kata Tri Handoko dalam penjelasannya dalam rapat bersama anggota DPR Komisi VII, Senin (24/1/2022).

Akibat kondisi tersebut, para peneliti dan periset Indonesia harus bekerja ekstra dalam mengembangkan vaksin Merah Putih. Kerja keras dilakukan sebab sebelumnya Indonesia tidak pernah melakukan penelitian vaksin serupa sebelumnya.

"Karena sebagian besar vaksin yang diproduksi oleh Bio Farma berbasis pada lisensi. Alhasil ini menjadi tantangan tersendiri bagi para periset," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini