Share

Kenali Tanda-Tanda Kanker Mata yang Patut Diwaspadai

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 481 2537402 kenali-tanda-tanda-kanker-mata-yang-patut-diwaspadai-6Gl4m5NAIg.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KANKER sendiri bisa menyerang banyak organ tubuh, salah satunya mata. Mata, atau okular, melanoma adalah jenis kanker mata yang paling umum. Biasanya mempengaruhi uvea yang adalah lapisan antara retina dan bagian putih mata.

Kebanyakan melanoma biasanya mempengaruhi kulit, tetapi beberapa di antaranya bisa berkembang di bagian lain tubuh, termasuk mata. Melanoma mata berkembang di sel penghasil pigmen yang memberi warna pada mata.

Cek Kesehatan Mata

Jika kanker dimulai di mata maka disebut kanker mata primer. Sedangkan melanoma mata dimulai di tempat lain di tubuh dan menyebar ke mata disebut kanker mata sekunder. Melanoma mata biasanya disebut sebagai tipe kanker sekunder yang artinya dimulai di lokasi yang berbeda di dalam tubuh dan menyebar ke mata.

Harus diwaspadai, beberapa orang yang sebetulnya sudah mengidap penyakit ini justru tak merasakan gejala sama sekali. Secara umum, ciri-ciri kanker mata seperti dikutip MedicalNewsToday, Rabu (26/1/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh dokter ahli mata, Dr. Ann Marie Griff, O.D antara lain adalah mengalami penglihatan kabur atau melihat bintik-bintik gelap di bidang penglihatannya.

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Mata Langka di Anak Anda

Kemudian disusul dengan kemungkinan gejala lainnya mulai dari adanya bintik hitam di iris, perpindahan mata di dalam rongga mata, mata berair, kehilangan daya penglihatan tepi di satu mata, sampai yang disebut dengan floaters yakni bintik atau coretan yang bergerak di sekitar bidang penglihatan seseorang.

Baca Juga : Sakit Kanker, Obati dengan Ramuan Ini Menurut Ustadz Zaidul Akbar

Seseorang mungkin dapat melihat floaters lebih jelas saat melihat latar belakang polos, seperti dinding kosong. Bisa juga muncul sebagai dengan bentuk titik-titik kecil, lingkaran, garis, awan, atau sarang laba-laba. Patut diingat, floaters umum terjadi terutama seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, tidak otomatis menjadi gejala mutlak kanker mata.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini