Share

Kemenkes Dituding Tutupi Data Vaksinasi Covid-19, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 481 2537507 kemenkes-dituding-tutupi-data-vaksinasi-covid-19-ini-faktanya-8Ro6uH6B48.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: RACGP)

BELUM lama ini beredar informasi yang menyebutkan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkesan menutup-nutupi data vaksinasi Covid-19. Informasi itu beredar dan menyebar luas di media sosial.

Merangkum dari laman Instagram @faktacovid19.id, Selasa (25/1/2022), tuduhan yang menyebut Kemenkes menutupi data vaksinasi Covid-19 adalah tidak benar alias hoax. Sebab data tersebut dapat diakses masyarakat di situs kemenkes dengan mudah.

 Vaksin Covid-19

Masyarakat hanya perlu mengunjungi https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines. Semua data terkait vaksinasi mulai dari ketersediaan vaksin, sasaran vaksinasi, hingga cakupan vaksin per kelompok masyarakat. Semuanya dapat ditemukan dalam situs tersebut.

Komite Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan Komda KIPI juga telah dibentuk untuk pemantauan hingga penanggulangan kasus-kasus terkait imunisasi. Termasuk KIPI terkait vaksinasi Covid-19.

 Baca juga: Satgas : Tekad Indonesia Mengakhiri Pandemi Covid-19 di 2022

Setiap kejadian KIPI juga akan diinvestigasi oleh lembaga tersebut dan hasil investigasi akan disampaikan segera setelah proses selesai. Oleh sebab itu masyarakat diminta untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar di sosial media atau broadcast pesan dari sumber yang tidak jelas.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini