Share

Cara Lakukan Pertolongan Pertama pada Pasien Serangan Jantung

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 481 2537698 cara-lakukan-pertolongan-pertama-pada-pasien-serangan-jantung-DPOITktufT.jpg Serangan jantung (Foto: Iowa clinic)

KABAR duka menyelimuti pasangan Nurul Arifin dan Mayong Suryo Laksono. Mereka harus ikhlas menerima kepergian putri tercintanya Maura Magnalia Madyaratri pada Selasa (25/1/2022). Maura dikabarkan meninggal dunia akibat mengalami serangan jantung.

Kepergian Maura tentu menyisakan kepedihan mendalam bagi pasangan tersebut. Sebab, gadis cantik tersebut meninggal di usia yang terbilang belia yakni menginjak 28 tahun. Kepergian Maura terbilang mendadak dan tidak dibayangkan sebelumnya. 

Maura

Seperti diketahui serangan jantung menjadi salah satu penyakit mematikan yang dapat menghilangkan nyawa seseorang dalam waktu hitungan menit. Oleh sebab itu, diperlukan tindakan yang cepat dan benar untuk menyelamatkan seseorang yang mengalami serangan jantung.

Tentunya, mengetahui teknik menangani serangan jantung sangat penting untuk dipelajari agar memperbesar tingkat keselamatan seseorang. Merangkum dari SJA, Selasa (25/1/2022), berikut 5 tips yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pasien serangan jantung!

1. Hubungi bantuan darurat segera dan beri tahu mereka bahwa seseorang mengalami serangan jantung.

2. Bantu pindahkan pasien ke posisi yang nyaman. Posisi terbaik adalah di lantai, dengan lutut ditekuk dan kepala serta bahu ditopang. Anda juga bisa meletakkan bantal di belakang atau di bawah lutut mereka.

3. Beri mereka satu tablet aspirin (300mg) dan minta mereka untuk mengunyahnya perlahan. Jangan berikan aspirin kepada pasien jika mereka berusia di bawah 16 tahun atau alergi terhadapnya.

4. Minta pasien untuk minum obat angina sendiri, jika memang ada.

 Baca juga: Penyebab Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya

5. Terus pantau tingkat respons korban sampai bantuan darurat tiba. Jika mereka menjadi tidak responsif pada titik mana pun, bersiaplah untuk memulai CPR.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini