Share

Hal yang Wajib Diperhatikan saat Membeli Obat Secara Online

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 612 2537443 hal-yang-wajib-diperhatikan-saat-membeli-obat-secara-online-KYH5tjS3aF.jpg Obat (Foto: Global times)

SELAMA masa pandemi Covid-19 banyak sekali obat yang beredar dan dijual bebas di masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang memilih membeli obat secara online di masa pandemi Covid-19 karena dinilai lebih mudah dan praktis.

Merangkum dari laman Instagram Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), @bpom_ri, Senin(24/1/2022), menyebut masyarakat boleh membeli obat-obatan secara online. Namun, hanya obat bebas terbatas, dan obat keras yang boleh dibeli.

 obat

"Obat tersebut dapat dibeli secara online melalui sistem elektronik yang dimiliki oleh apotek dan atau yang disediakan oleh Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF)," tulis unggahan BPOM.

Selain itu, ada pula beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika membeli obat secara online. Beberapa di antaranya adalah:

1. Obat wajib memiliki izin edar serta memenuhi persyaratan cara pembuatan dan distribusi obat yang baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Pastikan penyedia penjualan obat online dapat memberikan pelayanan informasi obat sesuai dengan label dan memiliki fungsi komunikasi realtime antara pasien dengan apoteker.

3.J ika yang dibeli merupakan obat keras harus menggunakan resep dokter. Resep tersebut dapat ditulis secara elektronik atau manual dengan mengunggah resep ke dalam sistem elektronik.

Selain itu pasien juga wajib menyerahkan resep aslinya ke apotek atau PSEF yang melaksanakan penjualan obat secara online.

 Baca juga: BPOM Ingatkan 3 Bahaya Obat Setelan, Apa Saja?

4. Pastikan obat yang diterima dalam kondisi baik dan jangan lupa cek klik:

-Cek kemasan

-Cek label

-Cek izin edar

-Cek kadaluwarsa

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini