Share

Yee Sang, Salad Khas Imlek Simbol Pembawa Kemakmuran

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 298 2538039 yee-sang-salad-khas-imlek-simbol-pembawa-kemakmuran-NMj6XL526m.jpg Yee Sang Makanan Khas Imlek (Foto: SBS)

YEE sang merupakan hidangan wajib ada saat Tahun Baru Imlek tiba. Masyarakat Tionghoa menyantapnya bukan sekadar makanan saja, tapi juga terdapat makna atau filosofi lho di dalamnya.

Lalu apa itu yee sang? Yee sang atau yusheng merupakan masakan Tiochiu, berupa salad atau saladnya orang Tionghoa, terbuat dari ikan segar sebagai salah satu bahan utamanya. Irisan ikan yang dipakai seperti tuna atau salem yang sebelumnya telah direndam dalam minyak wijen.

Yee Sang

Kemudian ditambah dengan irisan sayuran sebagai bahan utama, seperti irisan wortel, dan jenis sayuran lainnya, dan saus jeruk mandarin.

Baca Juga : Yee Sang dan Nian Gao, Hidangan Khas Imlek yang Penuh Makna dan Doa

Sehingga rasanya segar. Asam, manis, asin dan gurih semuanya bercampur dan sempurna saat dirasakan di lidah Anda. Apalagi dinikmati saat siang hari, maka rasanya akan semakin nikmat.

Baca Juga : Mengenal Tradisi Menyantap Yee Sang saat Imlek, Ini Filosofinya

Menurut Director of Sales and Marketing Hotel Mulia Senayan, Rully Rachman menjelaskan Yee sang merupakan salad sehat yang telah menjadi bagian wajib dari Tahun Baru Imlek, dan disertai dengan filosofi serta ritual untuk menyambut hari raya besar tersebut.

"Terdapat makna di dalamnya," katanya saat ditemui di Hotel Mulia Senayan, baru-baru ini. 

Dalam aksara Tionghoa untuk yúshēng artinya meningkatnya kelimpahan. Oleh karena itu, makanan ini dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Yee Sang

Makanan khas Imlek ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan biasanya dimakan pada hari Renri, yakni hari ke-7 bulan pertama kalender Imlek. Saus dihidangkan terpisah dan dicampur sendiri dengan sumpit oleh orang yang memakannya.

Menurut tradisi, ketika diaduk dengan saus, ikan dan sayuran harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring. Semakin tinggi yee sang terangkat, maka semakin baik pula peruntungan pada tahun yang baru.

Yee sang diaduk bersama-sama oleh orang yang duduk satu meja sambil saling mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Tradisi mengaduk yee sang dan mengangkatnya tinggi-tinggi disebut 'lo hei'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini